Program Internet Masuk Desa Tidak Di Pungut Biaya, Diskominfotik Rohil : Full Digital Akhir 2024

Program Internet Masuk Desa Tidak Di Pungut Biaya, Diskominfotik Rohil : Full Digital Akhir 2024
Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan ,SE.MH

ROHIL,(RIAUBERNAS.COM) Merealisasikan Program Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP memberikan layanan internet murah dan cepat kepada masyarakat di seluruh wilayah pedesaan,

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Rohil melakukan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa Kepenghuluan.

Beberapa Kepenghuluan dan Kecamatan turun diantara  Rimba Melintang, Batu Hampar,  Bangko Pusako serta Tanah Putih Tanjung Melawan. Dimana, dalam sosialisasi itu dihadiri oleh Penghulu, BUMDes dan masyarakat.

Sosialisasi di kantor Kepenghuluan Bagan sapta permai juga dihadiri perwakilan BUMDes dan Penghulu dari Balai jaya, Bagan sinembah, Basira , Simpang Kanan dan Pujud.

"Pihak kepenghuluan terutama BUMDes dan masyarakat sangat antusias menyambut upaya dilakukan Dinas Kominfotiks bersama provider internet," kata Kadiskominfotik Indra Gunawan SE MH saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023) kemaren

Dalam sosialisasi itu, Indra Gunawan menjelaskan kepada masyarakat Bupati Rohil melalui Diskominfotiks memiliki program digitalisasi desa dengan menggandeng salah satu provider plat merah.

"Tahap awal gandeng pihak provider akan memasang 600 titik di Bangko pusako. Sebagai bentuk dukungan langsung dan apresiasi pemda akan diresmikan Bupati dan ditargetkan paling lama maret sudah mulai pemasangan, " paparnya.

Menurutnya produknya dengan label BOOM DES NET dikelola oleh Bumdes se Rohil bekerjasama dengan Icomnet Plus Indonesia merupakan anak perusahan PLN akan menggunakan kabel fiber optik .Sedangkan infrastruktur tiang PLN dengan keunggulan tidak akan terpengaruh kondisi cuaca apapun.

"Kita mendukung penuh upaya internet murah masuk kepedesaan  demi peningkatan layanan akses informasi dan komunikasi bagi masyarakat pedesaan," terangnya.

Masyarakat Rohil tambah Indra, sudah sangat pintar dalam memilih, tidak hanya dari sisi harga, namun juga dari kualitas layanan.

Disinggung soal banyaknya bisnis wifi sejenis yang menggunakan frekwensi radio dan tower pemancar di Kabupaten Rohil, indra mengatakan silakan bersaing secara sehat.

Dalam berbisnis tegasnya ada aturan pemerintah harus dipatuhi dan bukan hanya mencari keuntungan semata.

Guna memastikan kesuksesan program internet murah dan cepat itu, Kadiskominfotik memastikan akan mengawal layanan iconnet tersebut agar masyarakat dapat benar-benar merasakan manfaat serta percepat penghapusan wilayah blankspot dan menjadikan desa di Rohil full digital diakhir tahun 2024.

Diakhir penyampaian Kadiskominfotik juga menghimbau bagi masyarakat berminat mendapapatkan internet murah dan cepat segera mendaftar ke BUMDes di wilayah masing- masing

"Tidak dipungut biaya peralatan dan pemasangan Gratis, hanya membayar pemakaian awal bulan pertama sebesar Rp 150 (prabayar seperti token listrik) juga tidak ada pembatasan kuota alias unlimited," Pungkasnya**SR (Diskominfotik)