Buka Kejurkab Pencak Silat PSHT Cabang Pelalawan, Ini Kata Wabub Nasarudin

Buka Kejurkab Pencak Silat PSHT Cabang Pelalawan, Ini Kata Wabub Nasarudin
Ditandai dengan pemukulan gong, Wabup Nasarudin buka secara resmi Kejurkab Pencak Silat PSHT Cabang Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali, Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H. Nasarudin, SH, MH membuka secara resmi Kejurkab Pencak Silat Persaudaraan Satu Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Pelalawan di Gedung Olahraga (GOR) Tengku Pangeran, Jum'at (12/1/2023).

Kejurkab Pencak Silat PSHT Cabang Pelalawan ini akan digelar selama tiga hari dari Jum'at - Minggu, (13-15/1/2023). Dengan mempertandingkan tiga kelas, yaitu kelas anak-anak, kelas remaja dan kelas dewasa. Dan diikuti oleh 7 ranting PSHT yang ada di Kabupaten Pelalawan, yakni ranting Pangkalankerinci, ranting Pangkalanlesung, ranting Pangkalankuras, ranting Ukui, ranting Langgam, ranting Kerumutan dan ranting Bandar Seikijang.

Hadir pada pembukaan Kejurkab Pencak Silat PSHT Cabang Kabupaten Pelalawan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H. Nasarudin, SH, MH, Ketua Umum KONI Kabupaten Pelalawan Supratman, SE, Kadis Parpora Kabupaten Pelalawan yang diwakili oleh Kabid Olahraga Azman, Ketua IPSI Kabupaten Pelalawan Rinaldi, Ketua PSHT Cabang Pelalawan Mas Sudar dan seluruh pengurus. Pembukaan Kejurkab itu juga dihadiri Pengurus KONI Kabupaten Siak yang juga sesepuh PSHT Cabang Kabupaten Siak, Mas Poniman.

Wakil Bupati Pelalawan, H. Nasaruddin SH, MH, dalam sambutannya menyatakan apresiasinya atas kegiatan Kejurkab Pencak Silat yang dilaksanakan PSHT Cabang Pelalawan ini. Apalagi kegiatan Kejurkab PSHT ini tidak meminta bantuan dari Pemkab Pelalawan atau pun KONI, murni dari internal atau swadaya PSHT Kabupaten Pelalawan sendiri. 

"Ini kegiatan yang patut diapresiasi, tanpa bantuan dari Pemkab dan KONI tapi mampu menggelar Kejurkab dengan swadaya internal. Karena itu, sebagai bentuk apresiasi saya akan beri bantuan untuk akomodasi 500 ribu untuk tiap ranting," kata Wabup yang langsung disambut riuh oleh peserta yang hadir. 

Ketua MKGR Riau ini mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik sekali karena sebagai ajang manifestasi, ekspresi dan sportifitas yang mengarah pada pengembangan sumber daya manusia di bidang olahraga dan seni beladiri, dan juga sebagai motivasi dalam melestarikan budaya bangsa khususnya Pencak Silat.

"Olahraga pencak silat merupakan salah satu bagian dari program pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang diharapkan mampu menjadikan generasi sehat, berprestasi serta berjiwa kesatria untuk membangun bangsa supaya lebih maju khususnya bagi Kabupaten Pelalawan ini," katanya.

Wakil Bupati Nasarudin berharap, semoga event kejurkab ini dapat meningkatkan kualitas mental dan spiritual para anggota PSHT dan masyarakat Pelalawan umumnya. "Karena itu, Pemkab Pelalawan sangat terbuka untuk bersama-sama berkolaborasi bersama IPSI, PSHT, dan semua Padepokan/Perguruan Pencak Silat yang ada di Kabupaten Pelalawan dalam peningkatan prestasi untuk mencari bibit-bibit atlit pencak silat muda yang handal," bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Pelalawan, Supratman SE, di kesempatan itu menyatakan apresiasinya atas Kejurkab yang dilaksanakan PSHT Pelalawan ini. Menurutnya, PSHT yang merupakan bagian dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pelalawan telah berkontribusi dalam perolehan medali bagi Kabupaten Pelalawan saat Porprov di Kuansing, beberapa waktu lalu. 

"Jadi saya menyambut baik digelarnya Kejurkab PSHT Pelalawan dengan motto "Junjung Tinggi Sportivitas dan Pererat Tali Silaturahmi", karena Kejurkab ini juga sebagai bentuk pembinaan dan peningkatan prestasi dalam mencari bibit-bibit baru atlet pencak silat muda yang handal, dengan cara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan mulai dari usia dini hingga dewasa. Saya juga sangat apresiasi kepada mas Rinaldi, baru menjadi ketua IPSI Pelalawan langsung dihadapkan dengan Porprov di Kuansing dan berhasil menyumbangkan medali, ini luar biasa," tutur Supratman. 

Ketua PSHT Cabang Pelalawan, Sudar, dalam sambutan singkatnya menyampaikan, bahwa kejuaraan ini ada 3 kelompok umum yang dipertandingkan yakni Usia Dini, Remaja, dan Dewasa. Kejurkab PSHT Pelalawan diikuti 120 peserta yang mewakili 7 Ranting di Kecamatan se-Kabupaten Pelalawan. (Sam)