Peduli Lingkungan, Pemuda Tualang Taja Lomba Lato-lato

Peduli Lingkungan, Pemuda Tualang Taja Lomba Lato-lato

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Peduli Lingkungan di Perawang, Pemuda Tualang  Kecamatan Tualang Kabupaten Siak menggelar kegiatan lomba Lato-lato yang saat ini tengah viral di Indonesia. Lomba ini bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah generasi muda khususnya anak usia SD-SMP terhadap permainan tradisional zaman dahulu.

Yusuf Muliya, Ketua panitia Lomba Lato-lato kepada awak media menjelaskan, digelarnya lomba ini termotivasi dari keprihatinan terhadap generasi muda usia SD dan SMP yang saat ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online dengan gadgetnya. Hal ini tentunya membawa dampak negatif terhadap generasi muda saat ini.

"Dari itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dampak-dampak negatif dari game online yang menggunakan gadget oleh anak-anak saat ini," kata Yusuf.

Lomba Lato-lato yang digelar ini terbuka untuk umum. Namun lebih ditekankan untuk anak-anak usia SD dan SMP. Karena menurut Yusuf, usia inilah yang lebih rentan terpapar dampak negatif game online menggunakan gadget.

Pendaftaran lomba lato-lato di Kecamatan Tualang mulai dibuka hari ini, 7 Januari 2023 dan ditutup tanggal 13 Januari 2023 mendatang. Untuk lomba sendiri akan dilaksanakan selama dua hari, yakni 14-15 Januari 2023.

Yusuf menjelaskan, pada 14-15 Januari tersebut akan dilakukan seleksi peserta. Kriteria penilaiannya yakni peserta yang memainkan lato-lato terlama. "Akan ada hadiah berupa uang tunai bagi tiga pemenang," tambah Yusuf lagi.

Pada pembukaan nanti, panitia mengharapkan kehadiran Camat Tualang sebagai bentuk dukungan atas kepedulian terhadap permainan tradisional Indonesia di Perawang ini. "Semoga kegiatan kita ini dapat bejalan sukses," tutup Yusuf mengakhiri. (Van)