Kemah Blok SMPN 4 Tualang Bikin Siswa Tangguh dan Berkarakter Pancasila

Kemah Blok SMPN 4 Tualang Bikin Siswa Tangguh dan Berkarakter Pancasila

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kemah blok merupakan salah satu implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 dan berdasarkan Permendikbud nomor 63 tahun 2014. Untuk itu acara ini wajib dilaksanakan setiap tahunnya diawal tahun ajaran baru atau semester ganjil.

Hal itu disampaikan oleh Kamabigus SMPN 4 Tualang Erni M.Pd atau lebih dikenal Puan Erni Rasyid dalam sambutannya, Kamis (15/9/2022).

SMPN 4 Tualang juga bekerjasama dengan gugus depan 04-045/04-046 dengan tema; "Dengan kemah blok mari kita wujudkan Pramuka menjadi garda terdepan untuk menumbuhkan generasi berkarakter pancasila" sesuai dengan visi misi sekolah: "Unggul dalam prestasi, berakhlak mulia, berbudaya Melayu, berwawasan lingkungan yang berdasarkan iman dan takwa".

"Tujuan dibuat kemah blok ini adalah menyiapkan anggota Pramuka yang berkarakter, mengamalkan Satya darma insan yang bertanggung jawab, serta memiliki loyalitas yang tinggi, tangguh dan tanggap dengan keadaan apapun," kata Puan Erni Rasyid.

Dalam kemah blok, lanjut dia,  juga ada pentas seni, nanti siswa juga diajarkan  bagaimana mendalami budaya terutama diotonomi daerah melayu ini. "SMPN 4 Tualang juga mengadakan ekskul kompang, silat, tari zapin tradisional, rebbana, gurindam, syair, paduan suara dan musik tradisional melayu. Intinya, kita bagaimana melestarikan budaya Melayu," jelasnya

Selain itu, juga ada ekskul olahraga futsal volli dan bola kaki. "Kegiatan Kemah blok berlangsung dua hari satu malam, malam ini, adalah malam api unggun," imbuhnya. (Van)