FST UIN Suska Riau Gelar Kuliah Umum Bertema IoT Dalam Pengembangan Teknologi Cerdas

FST UIN Suska Riau Gelar Kuliah Umum Bertema IoT Dalam Pengembangan Teknologi Cerdas

PEKANBARU - Dalam menyambut semester ganjil tahun akademik 2022/2023, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, adakan Kuliah Umum dengan tema “Peranan Internet of Things (IoT) dalam Pengembangan Teknologi Cerdas”.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yakni online di zoom meeting dan streaming youtube Media-SI serta offline di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska Riau, pada tanggal 6 September 2022.
 
Dalam acara ini tampak dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN Suska Riau bidang akademik dan pengembangan lembaga Prof. Dr. Hj. Helmiati, S.Ag., M.Ag., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd., beserta Wakil Dekan 1, 2 dan 3. Ketua Program Studi serta para Dosen se-lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi.
 
Ketua program studi Sistem Informasi sekaligus ketua pelaksana, Eki Saputra dalam sambutannya memaparkan pentingnya IoT di semua lini kehidupan masyarakat saat ini. Dikatakannya fakultas sains dan teknologi di bawah pimpinan WD 1 saat ini sedang merampungkan proposal untuk program S2 pascasarjana.

"IoT ini merupakan memiliki peminat terbanyak di program studi teknik elektro maka tema ini diangkat dalam acara kuliah umum kali ini," ujar Eki Saputra.

Eki menambahkan acara tersebut memiliki manfaat sebagai pembekalan kepada mahasiswa yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi, mengingat zaman sekarang internet of things sangat dibutuhkan di dalam berbagai aspek, termasuk dibutuhkan mahasiswa dalam melakukan penelitian.
 
Pihak panitia juga mendatangkan dua narasumber yang berkompeten, yakni Prof. Dr. Maman Abdurohman, S.T., M.T. yang juga merupakan ketua senat fakultas informatika Universitas Telkom dan Farianto, S.T., M.T yang merupakan IoT Architect  & Technology Incubation X-Camp IoT Lab, PT XL Axiata.

Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 450 Mahasiswa, tampak mereka sangat antusias dalam mengikuti acara ini, terlihat dari semangat mereka ketika memberikan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.

"Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan oleh kedua narasumber, serta dapat menghasilkan karya-karya yang berdampak positif bagi masyarakat luas serta menjadikan diri yang unggul di tengah tuntutan zaman," kata Eki.

Sementara itu secara terpisah, Wakil Rektor I UIN Suska Riau bidang akademik dan pengembangan lembaga Prof. Dr. Hj. Helmiati, S.Ag., M.Ag., berharap agar mahasiswa dapat berkembang dan merubah diri menjadi lebih baik. 

"Karena dengan tantangan zaman yang ada di era global saat ini yang menuntut kita semua untuk memiliki keunggulan dan daya saing yang tinggi," ujar Hemliati (AJ)