Program CSR PT KPI Dumai Raih Penghargaan Bisnis Indonesia CSR Award 2022

Program CSR PT KPI Dumai Raih Penghargaan Bisnis Indonesia CSR Award 2022

Dumai - Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menjawab permasalahan sosial dan ekonomi di masyarakat bertajuk “Bergerak Bersama Menuju Kemandirian”, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai berhasil meraih penghargaan dalam ajang Bisnis Indonesia CSR Award (Bisra), Rabu (29/06/2022).

Pada ajang yang digelar di Le Meridien Hotel Jakarta tersebut, PT KPI RU Dumai meraih penghargaan Silver untuk kategori BUMN/BUMD Non TBK. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Komisaris Bisnis Indonesia Group, Budiarsa, dan Pimpinan Redaksi Bisnis Indonesia, Maria Y. Benyamin. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, Hariyadi B. Sukamdani, dan Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan sekaligus Kepala Sekretariat SDGs Nasional, Dr Vivi Yulaswati MSC.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto menyebutkan, bahwa penghargaan ini merupakan raihan ke-4 yang berhasil diperoleh PT KPI RU Dumai selama tahun 2022.

“Judul presentasi Bisra yang kami pilih kemarin adalah “Bergerak Bersama Menuju Kemandirian” dimana di dalamnya terdiri dari program CSR unggulan yang menjawab permasalahan masyarakat dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan,” sebutnya.

Dari aspek ekonomi, PT KPI RU Dumai menginisiasi program Kampung Minapolitan yang berfokus untuk meningkatkan pendapatan nelayan dengan inovasi berupa penggunaan fish finder bagi nelayan, pelatihan budidaya ikan, pemanfaatan sampah organik untuk pakan ikan, serta budidaya aquaponik dengan sistem panel surya.

Dari aspek sosial, PT KPI RU Dumai menginisiasi program Laksamana Bersih Dari Narkoba (Bersinar) untuk menjawab permasalahan terkait maraknya penggunaan narkoba dengan mengajarkan skill dan keterampilan baru agar tercipta kegiatan yang lebih positif. Keterampilan baru yang diajarkan antara lain pembuatan eco paving block, camilan khas melayu dan produk kesehatan.

Sedangkan untuk menjawab permasalahan lingkungan, PT KPI RU Dumai menginisiasi program antara lain Pengelolaan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R), Perbaikan Drainase, Pengelolaan Rumah Sehat Layak Huni, Pengelolaan sampah organik dan anorganik serta pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA)

“Kesemua program tersebut disusun berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat dan stakeholder lain yang terkait dengan mempertimbangkan permasalahan serta potensi yang ada sehingga tercipta Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis (Renstra) yang berkelanjutan,” sambung Nurhidayanto.

Dalam sambutannya, Hariyadi mengapresiasi seluruh perusahaan yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan Bisra tahun 2022 ini. “Bisra diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkontribusi kepada masyarakat rencan dan berpenghasilan rendah terutama dalam masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

“Selain itu, penghargaan ini juga bertujuan untuk memberikan pembelaran kepada perusahaan bagaimana mengelola CSR yang efektif, mendukung program pemerintah dalam pencapaian Sustaiability Development Goals (SDGs), serta menginspirasi dan mempromosikan Good CSR = Good Business,” terang Hariyadi.

Vivi yang hadir mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia menyebutkan bahwa pentingnya perusahaan untuk menjalankan CSR, tidak hanya dalam rangka compliance tetapi juga value creation yang bisa berdampak dan dinikmati oleh masyarakat luas. 

“Sebuah kebanggan bagi saya bisa hadir pada forum yang inspiratif ini. Apresiasi dalam rangka mendorong implementasi bisnis berkelanjutan tidak hanya melihat aspek ekonomi dan bisnis namun juga aspek lingkungan dan sosial,” tutup Vivi. (**)