Bahas Pengembangan Riset Tanaman Kehutanan

IPB dan Gubri Riau Kunjungi R&D Sinarmas Forestry Tualang

IPB dan Gubri Riau Kunjungi R&D Sinarmas Forestry Tualang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.Si bersama Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Arif Satria SP, M.Si bersama dekan IPB mengunjungi R&D Sinarmas Forestry Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Kedatangan orang nomor satu di Provinsi Riau dan Rektor IPB disambut oleh Direktur APP Dr. Suwarso, Direktur  PT Arara Abadi Edi Haris, Direktur IKPP Hasanuddin the, dan Manager R&D Dr Budi Tjahjono dan Dekan maupun Alumni IPB  yang bekerja di Sinarmas Forestry. 

Direktur APP Dr. Suwarso mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.Si, Rektor dan Dekan IPB yang mau berkunjung ke Sinarmas Forestry di Kecamatan Tualang. 

"Terimakasih atas kunjungannya, ini ditunggu sudah lama, ini semangat baru buat kami, kami dapat kehormatan luar biasa dari kunjungan ini, Semoga dapat masukan yang banyak dan berkah bagi kita semua," jelas Suwarso kepada Riau Bernas, Jum'at (10/6/2022).

Setelah memberikan sambutan, Gubernur Riau dan Rektor IPB disuguhkan tayangan singkat tentang Profil Sinarmas Forestry Kecamatan Tualang. Selanjutnya rombongan yang dipimpin oleh Gubernur Riau langsung meninjaunya Lab R&D Sinarmas Foresty dan proses pembibitan Pohon Akasia.

Rektor Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Ir. Arif Satria SP, M.Si mengatakan bahwa kunjungan ke Sinarmas Forestry ini merupakan momentum sangat luar biasa sekali dalam berkeleborasi antara IPB dengan Sinarmas dalam pengembangan riset, khususnya riset tanaman tanaman kehutanan. "Nanti kita bagaimana bisa memproduksi tanaman kehutanan dengan cara smart Forestry," jelas Rektor. 

Rektor IPB itu juga menceritakan bahwa tempat yang ia kunjungi ini adalah salah satu tempat dimana bibit-bibit mulai dikembangkan dengan teknologi Four Point Zero.

Disinilah IPB masuk untuk memberikan IPTEK, temuan-temuannya untuk mengembangkan proses forestry yang lebih four point zero tadi, yang smart lah, supaya lebih efesien, lebih cepat, lebih akurat,semua lebih terukur. "Itulah cara yang sangat pas hari ini untuk bisa mengembangkan forestry kita kedepan," tandasnya. 

Gubernur Riau Drs Syamsuar mengatakan bahwa kedatangan ke R&D Sinarmas Forestry bersama Rektor IPB ingin melihat langsung proses pembibitan pohon akasia. "Tadi kami mininjau Lab dan tempat pembibitan pohon akasia, semoga kunjungan bersama IPB ini, hubungan Pemerintah Provinsi Riau dan IPB terus terjalin," imbuhnya. (Van)