MTQ 31 Kampung Pinang Sebatang, Generasi Muda Harus Mencintai Al-Qur'an

MTQ 31 Kampung Pinang Sebatang,  Generasi Muda Harus Mencintai Al-Qur'an

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Camat Tualang Tengku Indraputra membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 31 tingkat Kampung Pinang Sebatang di MDA Dusun Suak Selais Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang, Jum'at (20/5) malam.

Tengku Indraputra mengatakan, pembukaan MTQ tingkat Kampung Pinang Sebatang yang ke 31 ini hendaknya bukan hanya seremonial saja. "Bagaimana kita mensyiarkan Al Qur'an dan membumikan Al-Qur'an. Kita harus mencintai Al-Qur'an dan jadikan pedoman hidup kita," kata Mantan Camat Siak tersebut.

Lanjut dia, Generasi muda dituntut dengan perkembangan zaman, dampaknya negatif dan globalisasi sangat luar biasa.

"Kami berharap kepada orang tua, tokoh agama, Tokoh adat kita, agar bagaimana mengajarkan Al-Qur'an kepada generasi yaitu anak kita untuk mencintai Al-Qur'an, kemudian amalkan dan dalami ilmu agama. Sehingga pondasi anak kita kuat dalam menghadapi godaan globalisasi atau perkembangan zaman saat ini," jelasnya. 

Untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan akan dilaksanakan pertengahan bulan Juni. "Jadi setiap Kampung, persiapkan Qori dan Qoriah kita untuk bersaing yang terbaik pada tingkat kecamatan nanti. Ingatlah berlomba-lomba kita mencintai Al-Qur'an dan jadikan pedoman hidup," imbuhnya.

Penghulu Pinang Sebatang, Arizal mengatakan, diawal masa jabatan, dirinya berharap yang terbaik. "Kami selaku pemerintah kampung selalu support dan mendukung untuk Qoriah dan Qori kami untuk menjadi yang terbaik," jelas Penghulu Pinang Sebatang Arizal dalam sambutannya.

Arizal meminta do'a kepada masyarakat Pinang Sebatang agar tetap Istiqomah dalam menjalankan amanah dengan baik. Mudah-mudahan MTQ ini bisa memotivasi kita untuk tetap menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup.

"Seandainya adik-adik bisa belajar dan membaca Qur'an ajarkan ke yang lain, sehingga ilmu tentang Al-Qur'an bisa bermanfaat buat yang lain. Kedepan, saya akan membuat gairah lagi TPQ di Pinang Sebatang," jelas dia. 

Kepada Qori dan Qoriah selamat bertanding, raih prestasi yang terbaik, "Kalau belum rezeki untuk juara, jadikanlah Al-qur'an pedoman hidup ini," harapnya.

Ketua Panitia MTQ ke 31 Kampung Pinang Sebatang, Iwan mengatakan, perlombaan MTQ meliputi Tartil, Tilawah anak, Remaja, dan dewasa, hafiz satu jus dan lomba azan. "Tema MTQ kali ini adalah mari kita tanamkan nilai nilai Al-Qur'an dalam kehidupan bermasyarakat, menuju Kampung Pinang Sebatang yang aman, damai dan tentram," jelasnya. (Infotorial/Van)