Sambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Masyarakat Antusias Laksanakan Ibadah Shalat Idul Fitri

Selasa, 17 Mei 2022

Rokan Hilir - Masyarakat Desa Tangga Batu Kecamatan Tanjung Medan menyambut hari Raya Idul Fitri sangat meriah. Beda dengan 2 tahun sebelumnya, di tahun ini atusias masyarakat sangat terlihat, mulai dari membuat kue lebaran yang begitu banyak dan juga banyak memborong baju untuk lebaran.

Banyaknya masyarakat yang mudik ke kampung halaman yaitu di Desa Tangga Batu Kecamatan Tanjung Medan mengakibatkan banyaknya jamaah shalat Idul Fitri, sehingga masjid yang di gunakan untuk shalat Idul Fitri pun tidak dapat menampung semua jamaah dan akibatnya jamaah tersebut shalat di luar masjid. 

Kutbah yang di sampaikan dalam shalat Idul Fitri kali ini di sampaikan oleh Saudara Pratama. Beliau mengambil tema yaitu tentang melarang kaum muslim memiliki sifat dendam. Dalam penyampain kutbah tersebut masyarakat sangat antusias.

"Cara dia menyampaikan kutbah tadi sangat jelas dan mudah untuk di pahami,” Ujar masyarakat setempat. 

Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri masyarakat melakukan yang namanya sungkeman atau biasa disebut salam saling maaf memaafkan. Dimana masyarakat yang satu pergi ke rumah masyarakat yang lainnya untuk salam lebaran begitu seterusnya. 

Tentang Shalat Idul Fitri. 
Shalat Idul Fitri adalah salah satu shalat yang hanya dikerjakan saat perayaan hari Raya Idul Fitri. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada pagi hari saat hari Raya Idul Fitri dan umat Islam akan beramai-ramai mengunjungi masjid atau lapangan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjamaah.


Penulis: Eka Yuspita Sagala. 
Mahasiswa UIN Suska Riau, jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.