Perbaikan Ruas Jalan Kabupaten di Desa Pondok Gelugur Inhu Gunakan Dana Swadaya Bukan APBD

Perbaikan Ruas Jalan Kabupaten di Desa Pondok Gelugur Inhu Gunakan Dana Swadaya Bukan APBD

INHU, RIAUBERNAS.COM - Kedepankan sifat gotong royong, Warga Desa Pondok Gelugur Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, patungan secara swadaya perbaiki ruas jalan yang rusak sepanjang lebih kurang 10 KM, tanpa dana Pemerintah atau APBD.

Masyarakat sudah merasa kesal karena ruas jalan milik kabupaten tidak pernah tersentuh anggaran pemerintah, sehingga badan jalan berlobang dan jika hujan becek, maka dari itu masyarakat setempat berinisiatif memperbaiki ruas jalan berlubang mengunakan dana swadaya.

Salah seorang warga setempat DS mengatakan perbaikan jalan sepanjang lebih kurang 10 KM mulai dari simpang Rimpian hingga kedalam menggunakan dana swadaya masyarakat atau dana dari pihak donatur.

"Selaku kita punya angkutan sangat mendukung jalan itu diperbaiki, agar juga mudah mengeluarkan hasil panen. Jalan yang diperbaiki kurang lebih 10 KM, dan selaku ketua pengalang dana pak Paidi," ungkap DS kepada Awak media.

Anehnya, tampak dilokasi setelah jalan diperbaiki pihak Kecamatan dan Polsek Lubuk Batu Jaya melakukan pemasangan Portal dijalan yang bersetatus milik Pemda tersebut, hal tersebut juga diungkapkan oleh beberapa orang pada waktu itu dilokasi.

Terkait pemortalan jalan, Kepala Desa Pondok Gelugur Said Usman mengatakan, pemberian portal sudah berdasarkan musyawarah pada waktu mulainya pengumpulan dana swadaya untuk perbaikan jalan kabupaten di Desa Pondok Gelugur. 

"Memang jalan ini milik kabupaten dan diperbaiki mengunakan dana swadaya masyarakat, namun tujuan portal tidak lain hanya ingin jalan tetap baik tidak lagi di lewati mobil bermuatan berlebihan," kata Kades Pondok Gelugur.

Masih kata kades, untuk mobil bermuatan dialihkan kejalan Rimpian, dan untuk transportasi biasa bisa melewati Desa Pondok Gelugur, itu lah hasil musayawarah kemarin.

"Ini adalah bentuk peduli warga kami kepada pengendara yang melintas dan tidak lagi mengantri saat mobil besar lewat. Saya sampaikan terimaksih kepada para donatur yang sudah peduli terhadap jalan kami," tutup Kades. 

Setelah dilakukan klarifikasi ke pihak Polsek Lubuk Batu Jaya melalui Kapolsek terkait pemasangan Portal, IPTU Gunawan Saragih, SH menepis dan mengatakan bahwa Polsek tidak pernah memasang portal, hanya menghadiri saat warga melakukan pemasangan Portal dijalan Kabupaten tersebut.

"Mana ada pihak polisi memortal, namun hanya menghadiri memberikan pengamanan saja, dan pemasangan portal berdasarkan permintaan warga di desa pada saat waktu itu. Lebih jelasnya tanya kepada pihak kepala Desa saja," jawab Kapolsek LBJ. 

Kemudian pernyataan dari Camat LBJ Armin juga mengatakan Pemasangan portal tersebut berdasarkan musyawarah pada waktu bulan maret dan perbaikan jalan memang dari swadaya masyarakat.

"Insyaallah malam ini kami juga akan melakukan rapat di desa terkait pemasangan portal itu, apakah dilanjutkan atau di buka. Nanti dikabari ya?," jelas Armin, S.Ag, pada Kamis 21 April 2022. (Pt)