Disnaker Gelar Seminar Siapkan SMK Terlatih

Sabtu, 02 April 2022

ROKAN HILIR (Riaubernas) - Dalam upaya menyiapkan generasi muda yang terlatih dan profesional, SMK Pembangunan Bagan Batu menggelar seminar tentang ketenagakerjaan 

Seminar dimulai 22 hingga 23 Maret 2022 , bertempat Di SMK Pembangunan Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir 

Kegiatan seminar itu bertujuan mempersiapkan siswa siswi yang menempuh pendidikan di sekolah SMK Pembangunan Bagan Batu memasuki dunia kerja. 

Hadir sebagai pembicara dari dinas ketenagakerjaan Kabupaten Rohil dengan peserta seminar sebanyak 351 siswa yang dibagi kedalam 6 kompetensi keahlian. 

Diantaranya kompetensi keahlian Akuntansi dan keuangan Lembaga sebanyak 86 siswa. Kompetensi keahlian Perbankan, keuangan mikro 38 siswa, 87 siswa Dengan kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran, 76 siswa dengan kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan, Kompetensi Keahlian multi median sebanyak 35 siswa. Dan 29 siswa dengan kompetensi keahlian Teknik Instalansi Tenaga Listrik. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Rohil melalui bidang Pelatihan dan Produktifitas tenaga kerja, Amri mengapresiasi kegiatan seminar yang diadakan SMK Pembangunan Bagan Batu. 

"Untuk mengisi waktu luang setelah para siswa menyelesaikan ujian akhir dengan mengadakan seminar ketenagakerjaan merupakan kegiatan yang sangat positif," ujar Amri kepada awak media Sabtu (2/4/22). 

Amri menjelaskan dengan dilaksanakan seminar ketenaga kerjaan ini dapat menambah wawasan para siswa sebelum terjun ke dunia kerja. 
 
Hal ini sambung Amri sesuai dengan Harapan dari Bupati Rohil yang menginginkan para generasi muda dipersiapkan menjadi tenaga terlatih dan profesional. 

"Bapak Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, S.IP berkomitmen dan menjadikan prioritas untuk menyiapkan generasi muda Rohil sebagai tenaga terlatih," terang Amri. 

Lebih jauh Amri mengatakan, Bupati Rohil mengamanatkan Para generasi muda Rohil, harus terus dilatih di berbagai lembaga pelatihan yang ada di tanah air guna meraih profesionalisme dan keahlian.

"Sesuai dengan amanat Bapak Bupati Afrizal Sintong, Hanya dengan skill dan keterampilan yang dimiliki pemuda Rohil bisa bersaing di era milenial ini," ungkap Amri. 

Lebih jauh, Amri mengatakan SMK Pembangunan Bagan Batu menjadi pionir dalam menyelenggarakan seminar ketenaga kerjaan untuk menambah wawasan para siswanya sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. 

"Kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan untuk menambah wawasan peserta didik sebelum terjun kedunia kerja, dan Disnaker Rohil sangat berterimakasih pada SMK Pembangunan atas kepedulian yang tinggi terhadap siswa/siswinya yang bakal menjadi calon pencari kerja. Dinas Tenaga Kerja mendukung kegiatan ini, dan SMK pembangunan lah pionir yang menyelenggarakan kegiatan Seminar Ketenagakerjaan untuk mempersiapkan siswanya bersaing di dunia kerja," pungkas Amri. 

Amri berharap kegiatan ini terus dilaksanakan setiap tahun setelah peserta didik melaksanakan ujian akhir sambungnya.

"Sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa dan bisa diikuti oleh SMK lainnya," tutup Amri (rls)