Sambut Ramadhan 1443 H, Langgam Helat Festival Ranah Tanjung Bunga 2022

Sambut Ramadhan 1443 H, Langgam Helat Festival Ranah Tanjung Bunga 2022
Ranah Tanjung Bunga 2022

LANGGAM (Riaubernas) - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, Kelurahan Langgam kembali menggelar Festival Ranah Tanjung Bunga 2022.

Rangkaian acara telah dimulai sejak dua hari yang lalu, panitia telah melaksanakan pentas seni budaya.

Ketua Panitia Festival Tanah Tanjung Bunga 2022, Urip Pajarian SE mengatakan bahwa puncak kegiatan akan di helat pada hari Senin (28/3/2022) yang bertempat di lapangan balai Tanjung Bunga Kecamatan Langgam.

"Puncak acara Festival Tanjung Bunga pada hari Senin depan, tanggal 28 Maret, disitulah ritual balimau Kasai Potang Mogang dilaksanakan," jelas Urip, Sabtu (26/3/2022).

Di dalam ritual balimau Kasai Potang Mogang akan ada prosesi Togak tonggol yang menjadi ciri khas adat istiadat setempat, dan sudah pula tercatat sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional.

"Festival Ranah Tanjung Bunga 2022 mengusung tema melestarikan budaya menjunjung Marwah, artinya kita laksanakan festival ini sebagai upaya pelestarian budaya masyarakat Langgam sebagai Marwah yang harus selalu dijaga dan sebagai peninggalan tradisi yang turun temurun,"tuturnya

Urip juga mengatakan tujuan dari tradisi mandi balimau kasai potang mogang pertama untuk membersihkan diri menyambut bulan suci Ramadan.

"Selain itu, tradisi ini bertujuan untuk berkumpul dan bersilaturahim bersama masyarakat, teman, keluarga dan sebagainya,"tandasnya

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama, pada malam nanti, akan dilaksanakan tabliq Akbar serta doa bersama. Panitia telah mendatangkan dai nasional, Ustadz Asyam Hafizh LC.

"Malam ini tabliq Akbar, bersama ustadz Asyam Hafizh," lanjutnya

Sedangkan pada Ahad (27/3/2022) akan dilaksanakan ziarah makam, dan membersihkan pekuburan bersama masyarakat Langgam.

"Di hari Ahad esok, juga kita melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan PPTQ Al Hidayah,"bebernya

Urip berharap masyarakat di Kabupaten Pelalawan dapat ikut meramaikan rangkaian Festival Ranah Tanjung Bunga tahun ini.

"Festival Ini juga masuk dalam agenda Pemda, untuk itu mari kita ramaikan rangkain acara nya,"pungkas Urip (Apon)