Plt Gubri Pimpin Upacara HUT Satpol ke 66 dan HUT Linmas ke 54 Tingkat Provinsi Riau

Plt Gubri Pimpin Upacara HUT Satpol ke 66 dan HUT Linmas ke 54 Tingkat Provinsi Riau
Plt Gubri didampingi Kasatpol PP Pelalawan, Abubakar, saat inspeksi pasukan dalam HUT Satpol PP ke 66 dan HUT Linmas ke 54 tingkat Provinsi di Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Pagi ini, Selasa (5/4/2016) Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke-66 dan Satuan Linmas yang ke-54 tingkat Provinsi Riau, digelar di Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Pelaksana tugas Gubernur Riau, Andi Rahman, menjadi inspektur upacara (Irup).Upacara dilaksanakan di lapangan taman kreatif Pangkalan Kerinci, tepat di depan kantor DPRD Pelalawan.

Plt Gubri saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, mengatakan Peran Satuan Polisi Pamong Praja semakin strategis dengan dimasukannya urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan Pemerintah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Pola sikap dan perilaku serta kualitas sumber daya manusia harus benar-benar diperhatikan sehingga mampu menjalankan tugas, kewajiban serta kewenangannya yang secara tegas telah tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu sarana prasarana yang memadai juga harus disediakan. Dengan demikian kehadiran Satuan Polisi Pamong Praja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat benar-benar dapat dirasakan di seluruh lapisan.

Untuk dapat memenuhi harapan masyarakat maka perlu adanya pola sikap dan pola tindak yang harus dimiliki oleh Polisi Pamong Praja. Setidaknya para Polisi Pamong Praja harus memiliki unsur-unsur sebagaimana tema hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat tahun ini yakni memiliki unsur humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas.

Mendagri juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Anggota Polisi Pamong Praja, Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dalam pengamanan pemilihan Kepala Daerah beberapa saat yang lalu. Berkat kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dan tentunya kerjasama dan komunikasi yang baik antar instansi terkait, salah satu proses demokrasi di Daerah yaitu Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dapat berjalan dengan sangat baik.

Upacara dengan tema “Dengan Semangat HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-66 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-54, kita Wujudkan Polisi Pamong Praja dan Linmas yang Humanis, Berdedikasi, Disiplin dan Tegas”. Upacara peringatan ini dihadiri oleh Kapolda Brigjen Supriyanto, Kepala Satpol PP Riau dan kbupaten/kota, Bupati Pelalawan beserta walikota se- Riau, perwakilan DPRD Provinsi dan kabupaten/kota beserta seluruh tamu undangan.

Usai upacara yang digelar di lapangan taman kreatif di depan Kantor Pemkab Pelalawan, Plt Gubri beserta seluruh tamu undangan turut menghadiri sejumlah acara yang merupakan rangkaian HUT Satpol PP dan Linmas ini, dnegan berbagai perlombaan di Danau Tajwid, Langgam. (tha)



Editor    : Ai