Angka Covid-19 di Pekanbaru Meningkat, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa KKN Satgas Kelurahan Airputih

Selasa, 25 Agustus 2020 - 00:10:39 wib
Angka Covid-19 di Pekanbaru Meningkat, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa KKN Satgas Kelurahan Airputih

PEKANBARU, RIAUBERNAS.COM - Meningkatnya angka masyarakat yang terkena Covid-19 di Pekanbaru, membuat sejumlah mahasiswa terjun ke tengah masyarakat guna memberikan edukasi tentang Covid-19. Hal inilah yang dilakukan oleh mahasiswa yang tengah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Satgas Kelurahan Airputih yang membuat podcast edukasi tentang Covid-19 dan Perilaku Hidup Baru di tengah meningkatnya angka terinfeksi Covid-19.

Ini disampaikan oleh salah satu mahasiswa KKN dari Kelurahan Air Putih, Dody Rahman, dalam rilisnya yang dikirim ke media ini, Senin (24/8/2020). Menurutnya, sampai saat ini Pekanbaru masih berada di zona merah. Peningkatan kasus masih terjadi karena risiko penularan Corona masih tinggi. Hal ini dikarenakan banyak sebab.

"Salah satunya masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik dikarenakan kurangnya pengetahuan atau kurangnya perhatian," ujarnya.

Dody menjelaskan karena hal itulah sejumlah mahasiswa yang tengah KKN Satgas Airputih bersama Dokter Susi Andriani dari Puskesmas Simpang Baru dan Helmi Yardi dari Komisi Penanggulangan Aids dan Posyandra Lancang Kuning membuat podcast edukasi terkait Covid-19 dan Perilaku Hidup Baru.

"Banyaknya berita simpang siur terkait Covid-19 membuat masyarakat kurang memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga podcast ini hadir untuk mengedukasi masyarakat agar tidak  dibingungkan dengan berita-berita palsu," katanya.

Dia mengatakan bahwa podcast ini mengundang narasumber yang berpengalaman di bidangnya dan mumpuni untuk menjadi sumber pengetahuan dasar masyarakat terkait Covid-19 dan Perilaku Hidup Baru. Selain itu, podcast ini juga menjadi bentuk lain dari sosialisasi guna memberikan persuasif pada masyarakat agar hidup bersih dan sehat selama pandemi ini.

"Podcast ini kita bagi dalam dua episode. Episode pertama yakni membahas banyak seputar Covid-19, mulai dari penularannya, gejalanya dan cara menghindarinya. Narasumber dari Puskesmas Simpang Baru yaitu Dokter Susi Andriani banyak memberikan ilmu baru dan ajakan untuk hidup bersih dan sehat," katanya.

Lanjutnya, untuk episode kedua membahas seputar perilaku hidup baru lebih dalam. Mulai dari definisi Covid-19 yang sebenarnya, miss-konsepsi masyarakat dan mempersuasi masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang dipaparkan oleh narasumber kedua, Helmi Yardi.

"Podcast ini bisa disaksikan di Youtube channel Relawan Satgas Kelurahan Airputih," tukasnya. (ndy)

 

BERITA LAINNYA