Apel Siaga Pencegahan Karhutla 2019 Dan Peringatan 5 Tahun Program Desa Bebas Api, Ini Kata Sihol

Rabu, 26 Juni 2019 - 14:34:25 wib
Apel Siaga Pencegahan Karhutla 2019 Dan Peringatan 5 Tahun Program Desa Bebas Api, Ini Kata Sihol
President Direktur PT. RAPP Sihol P. Aritonang saat memberikan sambutan pada Apel Siaga Pencegahan Karhutla 2019 Dan Peringatan 5 Tahun Program Desa Bebas Api.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - PT. RAPP April Group bekerjasama dengan PT. Sumatra Riang Lestari (SRL) mengelar Apel Siaga Pencegahan Karhutla 2019 sekaligus memperingati 5 tahun berjalannya program desa bebas api, Rabu (26/6/2019) di Bandara Sultan Syarief Haroen Setia Amanah Kabupaten Pelalawan.

Pada kesempaten tersebut, President Direktur PT. RAPP Sihol P. Aritonang mengatakan, program desa bebas api atau Fire Free Village Program sejak diluncurkan pada tahun 2014 lalu sebagai respon April Group terhadap anjuran pemerintah agar semua pihak ikut mencegah dan menanggulangi kebakaran lahan dan hutan.

Dalam hal ini, industri pulp dan kertas dibina oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, pemangku kepentingan lainnya.

Program Desa Bebas Api memiliki lima elemen, yakni pemberian penghargaan kepada desa yang tidak terjadi kebakaran selama kurun waktu 3 bulan, keterlibatan Crew Leader untuk mendukung pencegahan kebakaran, meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya membuka lahan dengan cara membakar, memberikan bantuan pembukaan lahan oleh masyarakat melalui peralatan pertanian, dan pemamntauan kualitas udara.

"Sejak dimulainya 5 tahun yang lalu hingga hari ini, April Group telah bermitra dengan 53 desa yang tersebar di 5 Kabupaten. Sesuai tingkat kesiapan masing-masing,desa-desa ini dikelompokkan dalam tiga tahapan program, yaitu desa peduli api, desa bebas api, dan desa tangguh api", terang President Direktur PT. RAPP Sihol P Aritonang.

Dijelaskan Sihol, 25 desa di 3 kabupaten telah ikut dalam tahapan desa bebas api, yang mencakup luas wilayah sekitar 600.000 hektar lebih. Dan ditahun ini, kita menambah 9 desa baru, dimana 3 desa di Kabupaten Pelalawan dibawah binaan PT. RAPP, dan 6 desa baru lainnya dibawah binaan PT. Sumatra Riang Lestari (SRL) berada di Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Selamat kepada 9 desa yang telah mengikuti program desa bebas api sejak tahun 2017, dan berhasil mendapatkan bantuan program infrastruktur senilai 100 juta rupiah. Dengan demikian, dalam 4 tahun terakhir, telah 38 desa yang mendapat full reward, 9 desa mendapat half reward, dan kepada 27 desa FFV dari tahun 2014-2018", kata Sihol.

Berkat dukungan dan partisipasi semua pihak, program desa bebas api telah menghasilkan penurunan luas area terbakar secara signifikan. Dari awal tahun berdirinya, tahun 2013 sebesar 0,30% menjadi 0,02% ditahun 2018 dari luas areal desa yang memiliki MoU dengan April Group.

"Mari, kebersamaan, kerjasama, dan kerja keras kita ini terus kita tingkatkan, agar angka Nihil kebakaran atau Zero Fire di Riau dapat kita pertahankan", ungkap Sihol Aritonang.

Sementara, Direktur Utama PT. Sumatera Riang Lestari (SRL), Syamsul Bahri mengatakan, kerja sama antara SRL selaku mitra pemasok PT. RAPP tidak hanya dapat mendukung program pencegahan karhutla yang digalakkan pemerintah, namun juga dapat menjamin ketersediaan bahan baku kepada APRIL.

Hadir pada acara tersebut, Perwakilan Direktorat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Kementrian LHK Ir. Sunarno MP, Direktur Utama PT. SRL Syamsul Bahri, Kadis LHK Provinsi Riau, Bupati Pelalawan, Bupati Kepulauan Meranti, Bupati Bengkalis, Bupati Inhil, Kepala BPBD Provinsi Riau, Kapolres, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan seluruh undangan. (sam)

BERITA LAINNYA