Safari Ramadhan dan Khatam Al-qur'an di Masjid Nurul Hijrah, Ini Kata Bupati Zukri

Sabtu, 06 April 2024 - 22:05:33 wib
Safari Ramadhan dan Khatam Al-qur'an di Masjid Nurul Hijrah, Ini Kata Bupati Zukri

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Safari  Ramadhan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang dipimpin lansung oleh Bupati Pelalawan H. Zukri, SE, kali ini  dilaksanakan di Mesjid Nurul Hijrah Pangkalan Kerinci, Sabtu ( 6/4/2024 ).

Pada sambutannya Bupati Zukri menyampaikan bahwa Safari Ramadhan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena selain memastikan program Pemerintah berjalan dengan baik, juga dilaksanakan khatam al-qur’an, dimana salah satu hikmah terbesar dibulan Ramadan ini adalah diturunkannya Al-qur’an. Tetapi turunnya Al-qur’an jangan hanya sekedar dijadikan peringatan saja, karena hampir seluruh Mesjid memperingati yang namanya Nuzul Qur’an, tapi kadang-kadang kita tidak menjadikan peringatan Nuzul Qur’an itu sebagai dasar untuk mencintai dan gemar membaca Al-qur’an.

Dikota Pangkalan Kerinci, lanjut Bupati Zukri, sudah ada delapan Mesjid yang sudah mengajarkan anak-anak tilawah. Dan dengan momen peringatan Nuzul Qur’an kali ini, hendaknya semakin membuka, medorong dan meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap Al-qur’an.  “Untuk itu, dibulan suci Ramadhan ini, kita mesti mengkhatamkan Al-qur’an, karena jika kita bisa khatam qur’an di bulan suci Ramadhan ini, maka beruntunglah kita," ucap Zukri.

Setelah bulan Ramadhan, Bupati Zukri juga minta kepada Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, Rt, Rw dan juga guru mengaji untuk menghidupkan magrib mengaji dimesjid-mesjid pada setiap hari Jum’at, dan beliau akan turun ke Mesjid-Mesjid pada setiap Jum’at diwaktu magrib, untuk melaksanakan kegiatan membaca Al-Qur’an bersama-sama.

"Alhamdulillah sekarang ini insentif guru mengaji telah dinaikkan, selain insentif naik juga diberikan jaminan tenaga kerja, karena guru mengaji perlu diperhatikan supaya ada jaminan, jika terjadi apa-apa kepada guru mengaji saat menggunakan kendaraan bermotor dalam melaksanakan tugas yang mulia ini, maka keluarganya akan diberikan rasa aman, begitulah Pemerintah memberikan pelayanan yang terbaik kepada guru-guru mengaji," beber Bupati.

Kepada guru-guru mengaji, Bupati Zukri berpesan untuk ikut membantu Pemerintah, membantu masyarakat untuk mencinta dengan Al-qur’an, karena siapa yang cinta dengan Al-qur’an akan berahklaqul karimah, yang pakaian hidupnya adalah bersumber kepada Al-qur’an, karena semuanya sudah diajarkan dalam Al-qur’an, tidak ada satupun bagian dalam kehidupan kita ini yang kepas dari Al-qur’an,

"Saat ini ustadz juga telah mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah, ada lebih kurang 200 ustadz yang diberikan insentif, imam Mesjid di Kabupaten Pelalawan berjumlah 580 yang diberikan insentif, guru TPQ ada 2010, satu orang guru TPQ dapat 420.000 rupiah, sudah Incloud didalamnya BPJS ketenagakerjaan," jelas Bupati Zukri.

Diakhir sambutannya, Bupati Zukri menyampaikan bahwa Allah SWT memerintahkan untuk menperhatiikan orang miskin dan anak yatim, dan alhamdullillah saat ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah memberikan santunan kepada anak yatim di Kabupaten Pelalawan sebanyak 5300 orang. 

Ikut hadir mendampingi Bupati Zukri pada Safari Ramadhan dan Khatam Al - qur'an di Masjid Nurul Hijrah Pangkalan Kerinci, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Pelalawan H. Syafrizal, SE, Asisten I setdakab Pelalawan H. Zulkifli, M.Si, Ustadt Suwandi dan beberapa kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. (Sam)

BERITA LAINNYA