Pelepasan Wisudawan/Ti Angkatan I PSDKU PNP Kampus Pelalawan, Ini Kata Rektor PNP

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Politehnik Negeri Padang (PNP) Kampus Pelalawan melepas dua puluh tiga (23) orang mahasiswa yang baru diwisuda di kampus utama Politeknik Negeri Padang (PNP) di Padang, awal September lalu, di aula PNP Kampus Pelalawan, Rabu (18/9/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pelalawan diwakili Asisten 3 Setda Pelalawan, Mayhendri, Rektor Politehnik Negeri Padang Dr. Surfa Yondri, S.T., S.S.T., M.Kom dan jajaran petinggi Politehnik Negeri Padang, Ketua DPRD Pelalawan, Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri diwakili Kabag SDM Polres Pelalawan, para orangtua/wali wisudawan, dan tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pelalawan H. Zukri diwakili Asisten 3 Mayhendri mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan apresiasi atas telah diwisudanya 23 mahasiswa PSDKU PNP Kampus Pelalawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di kampus negeri kebanggaan Kabupaten Pelalawan ini.

"Saya yakin dengan bekal ilmu yang didapat di Politehnik ini pasti akan dapat pekerjaan yang bagus. Saya juga berharap ilmu yang diperoleh selama di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat," katanya.

Koordinator PNP Kampus Pelalawan, Yumisri, MAP, di kesempatan itu mengatakan bahwa sejauh ini Politehnik Negeri Padang (PNP) telah serius membina PNP Kampus Pelalawan sehingga menelurkan wisudawan/ti Angkatan pertama.

"Pun begitu juga dari hasilnya, dimana tiap semester ada program Projecr Base Learning, dimana para mahasiswa Manajemen Informatika membuat suatu aplikasi  yang telah banyak dipergunakan oleh OPD-OPD yang ada di daerah ini," katanya.

Dia menyebutkan sejumlah aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa PSDKU Kampus Pelalawan, seperti Sistim Informasi Pendataan Dasawisma pada TP PKK Kampung Bukit Agung yang digunakan oleh PKK Bukit Agung; Aplikasi Pengarsipan dan Penomoran Surat Otomatis Berbasis Website dan Mobile pada Kantor Disbunnak Kabupaten Pelalawan; Kuesioner Survei Kepuasaan Masyarakat Terhadap Instansi Penyelenggara Pelayanan Publik Pemkab Pelalawan yang aplikasi ini dipergunakan oleh Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan, juga ada Pengembangan Website Dinas Koperasi yang dipergunakan oleh Disperindagkop Pelalawan.

"Aplikasi itu yang membuat para mahasiswa Manajemen Informatika yang kuliah di PSDKU Pelalawan yang telah dipergunakan oleh sejumlah dinas. Ini artinya, mahasiswa kita telah mampu mengembangkan program vokasi sebagai basic PSDKU PNP Kampus Pelalawan ini," ujarnya.

Dia berharap dengan alur pendaftaran di PSDKU Kampus Pelalawan yang sudah normal seperti PNP, honor dosen dan operasional sudah berjalan, ada progress dari Pemkab dan DPRD Pelalawan untuk pembangunan gedung kampus sehingga pihaknya akan lebih bisa mengajukan prodi yang baru.

Rektor Politehnik Negeri Padang (PNP), Dr. Surfa Yondri, S.T., S.S.T., M.Kom, dalam sambutannya di kesempatan yang sama menyampaikan motivasinya pada pelepasan wisudaaan/ti PSDKU PNP Kampus Pelalawan Angkatan pertama ini. Menurutnya, para mahasiswa yang baru diwisuda harus memperkuat tekadnya dalam memasuki dunia kerja dan harus membuktikan sebagai petarung-petarung dalam menciptakan mimpi-mimpi yang dibangun sendiri.

"Kalian akan dilepas ke masyarakat luas, jadi harus pandai-pandai menjaga diri. Buktikan kalian adalah petarung-petarung dari mimpi-mimpi anda sendiri," tegasnya memberi motivasi pada para wisudawan.

Dijelaskannya, saat diterima di PSDKU PNP Kampus Pelalawan ini karena berbasis vokasi maka ada proses dari mulai rekrutmen, pembekalan saat masuk sudah diajarkan disiplin, dan etos kerja. "Begitu juga pelaksanaan proses magang di industri, dan ini merupakan suatu hal atau keunggulan dari Politehnik terutama keahlian dan ketrampilan," katanya.

Dirinya berharap dengan bekal ilmu yang mereka peroleh selama kuliah di PSDKU Kampus Pelalawan, lulusan PSDKU ini akan lebih mudah masuk ke dunia kerja atau dunia industri khususnya perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Para mahasiswa yang baru di wisuda ini merupakan aset kita, aset Kabupaten Pelalawan, itu yang utama. Kami berharap lulusan ini akan menambah nuansa dalam hal SDM yang ada di Kabupaten Pelalawan. Insya Allah, anak-anak kita yang baru lulus ini siap pakai di dunia kerja," tandasnya.

Diakuinya, bahwa mahasiswa yang baru diwisuda ini selain dibekali ilmu praktek dan teori, juga sedari awal sudah dibekali pembinaan karakter di Secata B Rindam 1/Bukit Barisan, kemudian saat proses pembelajaran mereka menimba ilmu di bengkel atau di Lab, juga disiplin, etos kerja dan karakter kepemimpinan menjadi bekal bagi mereka nanti di dunia kerja.

"Jadi saat mereka magang di dunia industri, sudah terstruktur dengan baik dan alhamdulillah sudah direspon dengan baik dari dunia industri pada mahasiswa-mahasiswa kita ini," tukasnya. (Sam).

Baca Juga