Tak ingin Karlahut Terjadi, Jefry Noer Dukung Program FAC


Sabtu,25 Juni 2016 - 00:08:23 WIB
Tak ingin Karlahut Terjadi, Jefry Noer Dukung Program FAC Bupati Kampar H Jefry Noer berfoto bersama dengan peserta sosialisasi Fire Aware Community (FAC) di Tiga Dara Hotel, Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

KAMPAR, RIAUBERNAS.COM – Mengantisipasi agar Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) tidak terulang kembali, Bupati Kampar, H Jefry Noer mendukung  Program Fire Aware Community (FAC) atau Masyarakat Siaga Api PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Pernyataan ini disampaikannya saat menandatangani komitmen pencegahan Karhutla sekaligus sosialisasi Fire Awareness Community bersama Kecamatan dan desa yang berada di kabupaten Kampar, Kamis (23/6) sore.

Kegiatan penandatanganan komitmen pencegahan Karlahut bersama beberapa kecamatan dan desa di kabupaten Kampar, diantaranya Kecamatan Salo, Tambang, Kampar Kiri, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan. Dan Desa Kuntu, Rantau kasih, Teluk Paman, Gunung Sahilan, Sei Lipai, Simalinyang dan Penghidupan. Selain itu, penandatanganan juga dihadiri Kapolres Kampar, AKBP Ery Apriyono SIK, dan Dandim 0313 KPR Letkol Kav Yudi Prasetiyo Sip.

Pada kesempatan terssebut, Jefry mengapresiasi RAPP karena telah membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan Karlahut. Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kampar mendukung penuh program FAC agar masyarakat dapat hidup tentram bebas dari asap.

"Apalagi setiap musim kemarau, Provinsi Riau rentan terjadi Karlahut. Selama ini, sudah dua presiden yakni Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo turun lansung ke Kampar guna meninjau Karlahut,” ucapnya di Tiga Dara Hotel, Siak Hulu, Kabupaten Kampar.
 
Karena itu, dirinya berharap dengan adanya sosialisasi FAC ini, Karlahut di daerah yang ia pimpin tidak terjadi lagi sehingga presiden tidak perlu turun untuk menangani hal tersebut.

"Harapan kami Karlahut tidak terjadi lagi. Seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, Polri dan TNI berada di garda terdepan, tetapi semua akan menjadi non sense tanpa ada dukungan semua pihak. Kami meminta seluruh elemen baik dari pemerintah kabupaten hingga desa untuk mensukseskan program FAC ini. Untuk mewujudkan  Zero Fire di desa-desa, kami segera membentuk satgas khusus ditingkat kecamatan dan desa. Kami harap RAPP turut mensupport tim ini," ujarnya.

Dia juga berpesan kepada para camat dan kepala desa untuk memahami bagaimana pencegahan terjadinya Karlahut. Agar masalah karlahut dapat diatasi.

Stakeholder Relations (SHR) Manager RAPP untuk wilayah Kampar dan Kuansing, Edy Yusuf mengatakan sosialisasi FAC ini agar masyarakat dapat turut aktif mencegah terjadinya karlahut di Riau. Hal ini merupakan komitmen RAPP untuk mewujudkan zero fire tahun 2016 yang sejalan dengan pemerintah.

"Dengan sejalannya dalam instruksi presiden, kami ingin menunjukkan keseriusan perusahaan agar bisa mewujudkan Zero Fire (Nol Kebakaran-red) bersama-sama dengan masyarakat. Dalam mencegah terjadinya karlahut," terangnya.

Ditambahkannya, dirinya mengharapkan setiap pihak dapat menyamakan pemahaman untuk menekan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di tahun 2016, sehingga pengelolaan pencegahan kebakaran dapat dilaksanakan dengan baik. (***)



Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com