Sejahterakan Masyarakat, Disbun Rohil Bagikan Bibit Sawit, Kelapa dan Karet


Sabtu,11 Juni 2016 - 01:28:54 WIB
Sejahterakan Masyarakat, Disbun Rohil Bagikan Bibit Sawit, Kelapa dan Karet Kadisbun Rohil, Syahril

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dalam upaya mensejahterakan masyarakat petani pekebun di Rohil, Pemkab Rohil melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), memberikan bantuan berupa bibit karet, sawit dan kelapa.

"Ya, tahun ini kita akan merealisasikan program pembagian bibit sawit, karet dan kelapa kepada
masyarakat. Ini merupakan suatu program untuk mensejahterakan masyarakat Rohil melalui potensi daerah perkebunan," terang Kepala Dinas Perkebunan Rohil, Syahril, Rabu (8/6).

Syahril mengatakan, pemberian bantuan ini diprioritaskan bagi seluruh desa yang memiliki potensi areal perkebunan. Dan bantuan ini lebih diprioritaskan bagi petani pekebun agar lebih tepat sasaran.

"Kita prioritaskan pembagian ini untuk semua desa, apalagi Disbun sendiri merupakan perpanjangan tangan pemda," katanya.

Menurutnya, dalam pemberian bantuan tersebut, pihak disbun terlebih dahulu akan melakukan survei lokasi, areal dan potensi daerah. Artinya, bantuan bibit yang diberikan disesuaikan dengan potensi daerah itu.

"Jadi kami akan melakukan survei terlebih dahulu, setiap permohonan kelompok tani pasti akan kita cros chek terlebih dulu. Tidak sembarangan kasih," tukasnya.

Katanya, di tahun 2012, pihaknya juga telah memberikan bantuan bibit kelapa sawit sekaligus melakukan perawatan di Kecamatan Bangko Pusako, sehingga diyakini masyarakat yang menerima akan lebih mengalami peningkatan tingkat ekonomi.

"Selain Bangko Pusako yang menerima bantuan bibit sawit, Desa Simpang Kanan juga telah mendapatkan bantuan obat pembasmi hama dan lain sebagainya. Dan itu akan kita upayakan lebih lagi di tahun ini, dengan penerimanya juga lebih banyak desa yang akan jadi sasaran penerima bantuan dari Disbun," ujarnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]