Mantap, Bakar Tongkang Rohil Masuk 6 Agenda Wisata di Riau Secara Nasional


Rabu,01 Juni 2016 - 12:56:35 WIB
Mantap, Bakar Tongkang Rohil Masuk 6 Agenda Wisata di Riau Secara Nasional Ritual Bakar Tongkang di Rohil/Istimewa

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Bukan hanya keunikan dan kefenomenalan saja yang mampu menjadi daya tarik Bakar Tongkang di Rohil, namun budaya yang berasal dari Tionghoa itu ternyata mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Karena itu, Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman melalui Dinas Pariwisata Riau meluncurkan Calender of Event Riau 2016 dengan tajuk Riau Menyapa Dunia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (27/4/2016).

Dalam Riau Menyapa Dunia itu, ada enam festival wisata yang menjadi unggulan di Provinsi Riau. Lima diantaranya mendapatkan pendukungan dari Kementerian Pariwisata. Enam agenda pariwisata di Riau pada tahun 2016 adalah:

1. Bakar Tongkang (Juni)

Bakar Tongkang adalah ritual yang telah dilakukan selama satu abad. Ritual ini dimulai ketika para leluhur perantau dari negeri China tersesat di samudera luas.

Mereka kemudian melihat nyala cahaya di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau. Akhirnya perahu mereka berlabuh di sana dan sebagai lambang tekad mereka untuk sukses di negeri baru, mereka membakar tongkang alias perahu. Rencananya bakar tongkang akan diadakan pada tanggal 20-21 Juni 2016.

2. Pacu Jalur (Agustus)

Seratus tahun lalu, pacu jalur dibuat untuk merayakan ulang tahun Ratu Wilhemina dari Belanda. Setelah Indonesia merdeka, pacu jalur atau lomba perahu naga dibuat untuk merayakan hari raya Islam dan hari kemerdekaan.

Pacu Jalur kini juga menjadi ajang silaturahm warga disekitar Sungai Narosa. Tahun ini Pacu Jalur dilaksanakan pada tanggal 24-28 Agustus 2016.

3. Tour de Siak (September)

Balap sepeda dengan trek menantang yakni di perkebunan sawit dan alam bebas berhasil menarik para pecinta olahraga sepeda untuk memacu sepeda di Kabupaten Siak Sri Indrapura tanggal 21-25 September 2016.

4. Gema Muharram (Oktober)

Acara religius terbesar yang sempat mendapat rekor MURI selama dua tahun belakangan. Gema Muharram, bertepatan dengan merayakan momentum 10 Muharram. Tahun ini akan digelar tanggal 1-2 Oktober 2016.

5. Bono (November)

Surfing tak hanya bisa di laut, tetapi juga bisa di sungai. Hanya ada dua sungai yang memungkinkan para peselancar menantang adrenalin yakni di Sungai Amazon, Brazil dan di Kuala Kampar, Riau.

Bono berhasil menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Riau menjajal papan selancar di ombak Bono yang dapat mencapai enam meter. Tahun ini diadakan Festival Bekudo Bono yang akan berlangsung dari tanggal 4-6 November 2016 di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau.

6. Riau Marathon (Desember)

Lomba lari jarak jauh yang akan digelar di kota Pekanbaru tanggal 11 Desember 2016.(int)
 


Editor    : Ai


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]