Kekurangan RKB, 268 Siswa SMPN 2 Bangko Ikuti UN di Teras Sekolah


Kamis,12 Mei 2016 - 00:37:38 WIB
Kekurangan RKB, 268 Siswa SMPN 2 Bangko Ikuti UN di Teras Sekolah Plt Sekda Surya Arfan saat meninjau anak sekolah ujian UN yang dilakukan di teras sekolah, kemarin.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Ratusan siswa Kelas IX di SMPN 2 Bangko terpaksa mengikuti Ujian Nasional (UN) di teras sekolah. Ini dikarenakan sekolah tersebut masih belum selesai pembangunannya, akibat kebakaran yang menghanguskan sekolah yang terletak di Jalan Pelabuhan Bagan Hulu itu di tahun 2015 lalu.

Kepala Sekolah SMPN 2 Bangko, Sariana Spd, Selasa (9/5), mengatakan bahwa saat ini gedung baru yang ditempati hanya memiliki 8 Ruang Kelas Belajar (RKB), sementara jumlah siswa mencapai ratusan. Jadi terpaksa, sebagian siswa menumpang belajar di SDN 008 dan SDN 010 kelurahan Bagan Punak.

"Ironisnya lagi, sebanyak 268 siswa kelas IX terpaksa mengikuti UN dilobi dan di teras sekolah," keluhnya.

Dia mengatakan, kalau jumlah RKB di sekolah yang dipimpinnya itu tidak cukup untuk menampung jumlah siswa kelas IX sebanyak 268 yang saat ini sedang mengikuti UN. Seharusnya jumlah siswa sebanyak itu harus memiliki minimal 14 RKB, sementara saat ini sekolah yang dipimpinnya hanya memiliki 8 RKB.

"Dengan kondisi ini, terpaksa kita menempatkan sebagian siswa untuk mengikuti UN di lobi dan di teras sekolah," katanya.

Karena itu, dirinya berharap pada Pemkab Rohil melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Rohil mau membangun kekurangan RKB yang ada di SMPN 2 Bangko ini.

"Kita telah mengajukan ke pihak Disdik Rohil untuk membangun sebanyak 20 RKB baru di SMPN 2 Bangko. Namun, hingga saat ini permintaan kita belum dipenuhi oleh Disdik Rohil," tukasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM mengaku permintaan pihak SMPN 2 Bangko itu dulunya sudah pernah dimasukkan di dalam anggaran. Namun, karena tahun ini terjadi defisit anggaran sebesar Rp 812 Miliar membuat seluruh anggaran yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dipangkas termasuk anggaran di Disdik Rohil

"Tapi kami akan tetap mencarikan solusi agar RKB di SMPN 2 Bangko bisa terpenuhi. Insya Allah, pada pembahasan Anggaran pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Rohil nanti akan kita usulkan kembali. Mudah-mudahan usulan penambahan RKB SMPN 2Bangko yang kita sampaikan nantinya bisa dipenuhi," ujarnya.



Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]