Dana Perawatan TMP Kesuma Bakti Dianggarkan Tahun Depan


Kamis,05 Mei 2016 - 00:51:21 WIB
Dana Perawatan TMP Kesuma Bakti Dianggarkan Tahun Depan Plt. Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan menganggarkan dana Perawatan Makam Pahlawan Kesuma Bakti Bagansiapiapi. Direncanakan anggaran untuk perbaikan ini akan dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 mendatang. Anggaran ini diajukan agar makan para pahlawan itu dapat tetap terawat dengan baik.

"Ya, kita tidak ingin bencana robohnya tembok makam pahlawan Kesuma Bakti itu terulang lagi. Walaupun yang roboh itu cuma tembok, namun jasa pahlawan yang ada dimakam itu harus kita hargai dan dihormati. Karena puluhan makam yang ada di situ merupakan pejuang bangsa di zaman penjajahan," terang Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Senin (2/5) di Bagansiapiapi.

Dia mengatakan, robohnya tembok taman makam pahlawan Kesuma Bakti membuat beberapa makam para pahlawan rusak karena ditimpa reruntuhan tembok. Jadi untuk saat ini, pihaknya akan fokus dengan pembangunan tembok yang roboh.

"Dan nanti, di tahun 2017 mendatang akan kita anggakan dana perawatannya," tegasnya.

Katanya, dirinya optimis jika ada dana perawatan maka diyakini tembok makam pahlawan itu tidak akan roboh. Dirinya merasa kaget ketika turun langsung melihat tembok yang roboh, salah satu lantai keramik di makam itu yang biasanya digunakan untuk upacara menghormati leluhur para pejuang juga terjadi kerusakan berat.

"Saat ini, kita fokus memperbaiki bangunan yang rusak itu secepat mungkin. Jadi, kalau ada kegiatan Pemkab Rohil, maka makam itu bisa digunakan seperti biasanya untuk memberikan penghormatan kepada leluhur para pejuang bangsa ini," pungkasnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]