Popda Riau 2016, Rohil Kirim 132 Atlet ke Pekanbaru


Kamis,28 April 2016 - 01:43:34 WIB
Popda Riau 2016, Rohil Kirim 132 Atlet ke Pekanbaru Ilustrasi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - 132 atlet yang berasal dari Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) dijadwalkan akan mengikuti Pekan olahraga pelajar daerah (Popda) tingkat Propinsi Riau dipekanbaru pada 23 Mei 2016 mendatang. Dari 11 Cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, Rohil hanya mampu mengikuti sebanyak 10 Cabor.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Pariwisata Kebudayaan pemuda dan olahraga (Disparpora) Rohil, H Zulkarnaen Nur melalui Kabid Pemuda dan Olahraga, Wakit Nugraha, Rabu  (27/4) di Bagansiapiapi. Menurutnya, sebenarnya ada 11 Cabor yang dipertandingkan pada popda nanti, namun untuk cabor renang belum ada atlet yang berkompeten.

"Sehingga dengan sangat terpaksa cabor tersebut tidak bisa kita ikutkan," katanya.

Dia menjelaskan, adapun 10 cabor yang nantinya siap berlaga diajang popda Riau yakni cabor Atlentik, pencak silat, Volly indoor, Volly Pasir, Basket, Bulu Tangkis, Tenis, Tenis Meja, Sepak Bola, dan Takraw. Dari 10 Cabor yang kita ikuti ini tentunya kita optimis bias meraih banyak medali emas, karena kemampuan para atlet sebelumnya sudah diseleksi dalam pekan olahraga pelajar kabupaten (Popkab) kemaren.

"Peluang yang paling besar untuk meraih medali itu seperti volly Putra, tenis lapangan, Atlentik, dan pencak Silat. Namun, Prediksi peluang paling banyak mendapatkan medali emas itu dari cabor pencat silat. Karena semua nomor akan diturunkan oleh Rohil," tegasnya optimis.

Lanjutnya, sebelum para atlet ini diberangkatkan pihaknya terlebih dahulu akan melakukan Training Centre (TC) selama satu pekan. Bagi Peraih medali emas pada popkab kemarin tidak muthlak harus ikut menjadi utusan Rohil dalam popda propinsi 2016.

"Ini mengingat ada persyaratan yang harus dipenuhi khususnya umur Atlet yang tidak diperbolehkan belebihi ketentuan," ujarnya.

Ia mencontohkan cabor Volly, dicabor ini atletnya maksimal harus duduk dikelas X, kalau sudah duduk di kelas XI itu tidak bisa lagi diikutkan. Kemudian cabor atlentik lari 10 meter dengan hitungan waktu 40 detik.

"Sementara standar yang diminta oleh pihak propinsi hanya 30 detik, nah tentunya kita mencarikan atlet yang mendekati waktu tersebut," jelasnya.

Sebelum diberangkatkan dirinya berharap kepada para atlet untuk bisa mempersiapkan diri. Karena kita menargetkan harus bisa masuk 3 besar pada popda Riau tahun 2016 ini.

"Ini muaranya nanti untuk Porwil dan Popnas, jadi kita harus menjadi yang terbaik di semua cabor yang diunggulkan," harapnya. (adv/hms/ar)




Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]