Biaya Operasional Masih Dibahas, Raskin di Rohil Belum Disalurkan


Minggu,17 April 2016 - 01:32:55 WIB
Biaya Operasional Masih Dibahas, Raskin di Rohil Belum Disalurkan Istimewa

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Masih dibahasnya biaya operasional untuk penyaluran beras miskin (raskin) oleh Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setdakab Rohil, membuat sampai saat ini penyaluran raskin di Kabupaten Rohil belum disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

"Ya, saat ini oleh Ekbang, biaya operasional raskin masih dibahas. Raskin tahun 2016 ini merupakan program dari Bupati Rohil, H Suyatno Amp yang nantinya diberikan kepada masyarakat secara gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun," tandas Camat Bangko, H Julianda S Sos, Jumat (15/4).

Dia menjelaskan, di tahun sebelumnya penyaluran raskin ini mewajibkan masyarakat untuk membayar Rp 3.000/per kilogramnya.

"Kalau tahun ini, kita harus menghitung kembali berapa besaran dana operasional seperti cost angkut, cost bongkar muat, dan cost-cost lainnya," katanya.

Kendati demikian, sambungnya, pihak kecamatan sudah siap menerima raskin itu untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat secepatnya. "Jika sudah ada keputusan dan ketetapan berapa biaya dari bagian Ekbang, maka kita siap menyediakannya dan selanjutnya mendistribusikan raskin tersebut kepada masyarakat yang berhak menerimannya," tegasnya.

Diterangkan Mantan Camat Sinaboi ini, penggratisan raskin ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengurangi angka kemiskinan dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat miskin yang ada di Negeri Seribu Kubah.

"Jadi supaya program ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan, pihak kecamatan Bangko sebelumnya telah meminta kepala desa untuk membuat data yang valid agar raskin itu tepat sasaran," tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Rohil H Suyatno Amp mengatakan kalau Pemkab Rohil telah menganggarkan dana di APBD Rohil sebesar Rp 20 Miliar untuk raskin. Dimana anggaran itu khusus untuk membeli raskin ke pihak Bulog yang selanjutnya diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya secara gratis.

"Jika hal ini terealisasi, maka kabupaten Rohil menjadi kabupaten ketiga yang memberikan raskin secara gratis kepada masyarakat setelah Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Selain itu, program ini juga sangat diyakini akan mampu mengurangi beban masyarakat miskin yang tersebar di 18 kecamatan di Rohil," terang Bupati beberapa waktu lalu. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com