MUI Rohil Akan Lakukan Pembinaan Ke Muallaf


Jumat,15 April 2016 - 00:19:36 WIB
MUI Rohil Akan Lakukan Pembinaan Ke Muallaf Ketua MUI Rohil, Drs H Wan Achmad Syaiful Msi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dalam waktu dekat, rencananya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan melakukan pembinaan kepada para Mualaf tentang akidah dan ibadah. Hal ini seiring telah selesainya MUI memberikan tausiah di sekolah-sekolah yang ada di daerah ini.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua MUI Rohil, Drs H Wan Achmad Syaiful Msi, Jumat pekan lalu (8/4) di Bagansiapiapi. Menurutnya, pihaknya memang telah memprogramkan pembinaan terhadap mualaf tentang akidah dan ibadah.

"Sedangkan mengenai pelaksanaan pembinaan itu, kita masih menunggu anggaran dicairkan oleh Pemkab Rohil. Jika Anggaran MUI Rohil telah dicairkan, maka kita akan segera melaksanakan program kegiatan pembinaan terhadap mualaf tersebut," ungkapnya.

Katanya, tujuan program pembinaan ini adalah agar para mualaf yang ada di Negeri Seribu Kubah ini merasa lebih diperhatikan oleh pemerintah. Selain itu, pembinaan yang diberikan itu adalah untuk mendalami ajaran keagamaan kepada para mualaf agar bisa lebih memahami dan mengerti apa itu Islam yang sebenarnya.

Lanjutnya, memeluk agama Islam harus mengetahui tentang mengesakan Allah SWT dan memahami ajaran agama. Dan para pemeluk agama Islam tentu harus percaya pada rukun iman, percaya kepada Allah, malaikat, Rasul, hari kiamat serta Qodo dan Qodar.

"Nah, makanya pembinaan ini sangat perlu dilakukan mengingat di Kabupaten Rokan Hilir ini telah banyak mualaf yang memeluk agama Islam," katanya.

Percaya kepada Allah artinya menyembah dan memohon bahwasanya tidak ada yang lain disembah kecuali Allah. Selain menyembah Allah itu namanya sirik dan menduakan Allah. Nah, jika telah menduakan Allah maka ibadahnya tidak akan diterima.

"Kemudian percaya dengan keberadaan malaikat, pemeluk agama Islam tentunya harus percaya dengan keberadaan malaikat. Karena dalam kitab suci Alquran menjadi pedoman dan petunjuk bagi umat manusia," ujarnya.

Selain itu, pemeluk agama Islam juga harus mengetahui tentang rukun Islam Syahadat, mendirikan sholat, puasa, zakat dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. "Kesemuanya itu nantinya akan kita berikan pembinaan dan pengajaran kepada para mualaf yang telah memeluk agama Islam khususnya di Rohil," pungkasnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]