BPBD Riau Berikan Bantuan Peralatan Karhutla ke Pemkab Rohil


Kamis,14 April 2016 - 01:29:22 WIB
BPBD Riau Berikan Bantuan Peralatan Karhutla ke Pemkab Rohil Plt. Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, saat menerima bantuan peralatan karhutla dari BPBD Riau.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyerahkan bantuan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebanyak 14 Item ke Pemkab Rohil. Bantuan peralatan itu diterima secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi dihalaman Kantor Bupati Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Rabu (6/4).

Pada kesempatan tersebut, Surya Arfan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPBD Provinsi Riau yang telah membantu peralatan untuk menangani bencana karhutla di Rohil.

"Memang peralatan ini sifatnya hanya pinjam pakai pada Pemkab Rohil, namun hal ini tentunya sangat membantu karena terbatasnya peralatan yang dimiliki BPBD Rohil," katanya.

Katanya, anggaran untuk peralatan bencana memang sangat minim. Hal ini disebabkan bencana tidak bisa ditebak. Sehingga anggaran yang diperuntukkan menjadi sangat terbatas.

"Bencana alam suatu hal yang tidak bisa diprediksi, sehingga kita menganggarkannya dengan jumlah yang sedikit," ujarnya.

Menurutnya, peralatan yang diberikan oleh pihak BPBD Riau ini akan ditempatkan di kawasan yang rawan terjadinya bencana karhutla seperti kecamatan Tanah Putih Sedinginan, Tanah Putih Tanjung Melawan, dan beberapa kecamatan lainnya. Salah satu item peralatan yang diberikan oleh BPBD Riau yang sangat diperlukan menangani bencana karhutla adalah pompa Shibura TF 745 dengan daya tembak mencapai 1,5 Kilometer.

"Pompa ini sangat efektif, apalagi lokasi terjadinya bencana karhutla kadang kala jauh dari Jalan Raya. Nah, dengan pompa ini tentunya sangat membantu untuk memadamkan api dengan jarak jauh," kata Surya Arfan sembari mengatakan kalau Pemkab Rohil sejauh ini telah membangun 3 posko karhutla.

Sementara itu, Kepala BPBD Rohil, H Azhar SE Msi mengatakan, item yang dibantu ini sebelumnya telah diusulkan oleh Pemkab Rohil. Dimana peralatan yang dibantu oleh BPBD Riau diperkirakan sekitar Rp 300 juta. Ke depannya pemkab Rohil akan mengusulkan lagi sarana lainnya seperti mobil serbaguna, ambulance bencana serta perahu terapung.

Penyerahan peralatan itu dilakukan oleh kasubbid Distribusi dan logistik BPBD Riau, H Suarfianto ST kepada Plt Sekdakab Rohil Surya Arfan. Adapun peralatan yang diberikan itu yakni tenda pengungsi sebanyak 2 Set, Tenda keluarga 2 set, Velbed 26 buah, Pompa Shibura TF 745 1 unit, Pompa Apung Kawasaki 2 Unit, Pompa Apung Honda 2 Unit.

Kemudian Selang Buang 2,5 Inci 100 Gulung, Selang Buang 1,5 Inci 4 Gulung, Lampu SOlar Sel/Lampu Tenda 8 Buah, Nozel 2,5 4 Buah, Y Conection 2,5 x 2.0 1 Buah, Selang Hisap 3 Inci 1 Buah, Stang Ganbut 3 Buah, dan Suntikan Gambut 2 Buah. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com