Tingkatkan SDM di Rohil, Pemkab Kembali Anggarkan Beasiswa di Tahun 2016


Jumat,01 April 2016 - 00:11:22 WIB
Tingkatkan SDM di Rohil, Pemkab Kembali Anggarkan Beasiswa di Tahun 2016 Ilustrasi

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Saat ini, salah satu program Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dinilai masih lemah adalah program beasiswa. Karena itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kembali menganggarkan beasiswa bagi siswa berprestasi sebanyak 30 orang.

"Siswa-siswa itu nantinya akan kita kuliahkan di perguruan tinggi negeri seperti di Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institit Pertanian Bandung (IPB)," kata Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM, Selasa (29/3).

Ia mengatakan, untuk memperoleh beasiswa ini maka Dinas Pendidikan akan menyeleksi seluruh sekolah tingkatan SMA/Sederajat untuk diambil sebanyak 30 siswa dengan cara melakukan seleksi sesuai dengan kemampuan dan prestasi yang dimiliki siswa tersebut.

"Jadi nanti seleksi yang akan kita lakukan berdasarkan dari prestasi yang diraih oleh siswa tersebut. Para siswa itu juga nantinya akan mengikuti tes dari kedua Universitas yang telah melakukan kerjasama dengan Pemkab Rohil. Dan bagi yang lulus tes tersebut, itulah yang berhak kuliah dengan dibiayai oleh Pemkab Rohil," tegasnya.

Katanya, program beasiswa itu sebelumnya juga telah dilaksanakan oleh Pemkab Rohil dengan dibiayai selama empat tahun untuk menyelesaikan studinya di Universitas UGM maupun IPB. Tapi jika dalam empat tahun siswa itu tidak bisa menyelesaikan studinya, maka biaya selanjutnya akan ditanggung oleh masing-masing siswa.

"Jika siswa itu telah menyelesaikan studinya, maka siswa tersebut harus mengabdi dengan bekerja di Pemkab Rohil. Jangan setelah kita kuliahkan tapi malah bekerja di daerah lain, hal ini yang tidak kita inginkan," tukasnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]