Potensi Ikan Melimpah, Sinaboi Akan Disulap Jadi Wisata Mancing


Senin,21 Maret 2016 - 00:24:03 WIB
Potensi Ikan Melimpah, Sinaboi Akan Disulap Jadi Wisata Mancing Para pemancing saat memancing di perairan Sinaboi.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dinilai memiliki potensi kelautan yang melimpah, Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rohil bakal disulap menjadi tempat wisata pemancingan. Pasalnya, di kuala tepian laut yang terletak di Selat Melaka itu seringkali menjadi sasaran tempat pemancingan untuk mengisi kegiatan hari libur karena terkenal dengan kegalakan ikan Sembilang dan ikan Gulama pemakan mata pancing.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Rohil Fishing Club (RFC), Drs H Surya Arfan Msi saat memburu ikan dengan alat tangkap pancing di tepian Kuala Perairan Sinaboi, Senin (21/3/2016). Menurutnya, potensi perikanan yang ada di lautan Sinaboi sangat banyak dan beragam.

"Dimana perairan itu sering menjadi buruan masyarakat yang hobby memancing. Hasilnya, setiap pemancing tidak pernah pulang merasa hampa dengan setiap orang membawa hasil pancingannya minimal 5 kilogram," ujarnya.

Ia mengatakan, terkadang para pemancing juga memasak hasil tangkapannya di dalam kapal yang telah disewa dari nelayan, ikan yang baru dapat kalau langsung dimasak akan terasa manis dan memiliki banyak vitamin dan protein tinggi.

"Makanya kita akan berupaya semaksimal mungkin bagaimana perairan Sinaboi ini bisa dikembangkan sebagai wisata pemancingan. Jika hal ini terealisasi, diyakini akan mampu menambah pendapatan Asil Daerah (PAD)," tandasnya optimis.

Dikatakannya, untuk memancing di perairan Sinaboi dan sekitarnya ini maka pemancing cukup menggunakan udang sebagai umpan. "Cukup memakai umpan udang, kita sudah bisa memancing, kalau ingin mata pancingnya galak dimakan ikan maka pemancing harus menggunakan umpan umpun-umpun (sejenis cacing tanah,red). Selain itu, tidak jauh dari perairan itu juga ada masjid untuk melaksanakan ibadah salat," ujarnya.

Diakuinya, di seputaran perairan Sinaboi itu banyak juga pemancing yang berasal dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. "Kemarin kita lihat ada 6 unit kapal yang berasal dari luar Rohil membawa pemancing. Inikan pertanda perairan itu sangat diminati oleh masyarakat yang hobby memancing di laut," tuturnya.

Ditambahkannya, intinya pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjadikan perairan Sinaboi itu sebagai lokasi wisata pemancingan dengan melakukan kerjasama dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya.

"RFC saat ini tengah mempromosikan dan mencari lokasi mana saja yang cocok dikembangkan sebagai objek wisata pemancingan, kemudian secara bertahap lokasi itu akan dikembangkan," tukasnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]