Terkait Karhutla Yang semakin Meluas, Danrem Kunjungi Rokan Hilir

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigjen TNI Sonny Aprianto secara mendadak mengunjungi Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (16/8/2018), tadi siang.

Dalam kunjungan itu, Brigjen TNI Sonny Aprianto, didampingi Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Ronny Irianto Moningka ST MM dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, meninjau langsung dari udara kondisi Karhutla di Rokan Hilir, serta menyambangi Bupati Rokan Hilir H. Suyatno di Mess Pemda Rohil, Jalan Perwira Bagansiapiapi.

Informasi yang didapat, kunjungan singkat orang nomor satu di jajaran Korem 031 Wira Bima itu, rupanya ingin melihat secara langsung kondisi terkini kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah Kabupaten Rokan Hilir. Sebanyak 93 titik api ditemukan di wilayah itu, dan yang terparah di tahun 2018 ini.

Sebelumnya, direncanakan Danrem beserta rombongan, akan melakukan pendaratan secara langsung di Kecamatan Kubu, dimana menjadi lokasi kebakaran terparah di wilayah itu, namun karena kondisi cuaca dan asap yang sangat tebal menyelimuti langit wilayah itu, saat itu, sehingga diputuskan, Danrem dan rombongan mendarat di Bagansiapiapi.

Dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karlahut) yang melanda sejumlah wilayah Rohil, sempat membuat aktifitas masyarakat terganggu. Ke- 93 titik api tersebut, terbanyak berada di Kecamatan Kubu, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Bangko Pusako dan Bagan Sinembah, sehingga menyebabkan ratusan hektare lahan hangus terbakar.

Kendala lain yang dihadapi dalam melakukan pemadaman, minimnya sumber air akibat kemarau dan cuaca panas, tanah gambut, hembusan angin yang sangat kencang, dan jarak tempuh menjadi faktor utama penghalang tim satuan tugas (Satgas) melakukan pemadaman, sehingga api cepat membesar dan meluas  kemana- mana.

Komandan Kodim 0321 Rokan Hilir, Letkol Inf Didik Efendi SIP beserta jajaran, dan Kapolres Rohil AKB Sigit Adiwuryanto SIK MH dan jajarannya, hingga kini masih berada dilokasi kebakaran, berupaya untuk memadamkan amukan api di wilayah Rohil.

Ditempat yang sama, Kepala BPBD Rohil Irawan, melalui Kasi siap Siaga Karlahut BPBD Rohil,  Rudiansyah menjelaskan, wilayah Rokan Hilir merupakan terbesar jumlah titik api.

Dikatakannya, dari beberapa informasi terupdate BPBD Riau maupun TNI dilapangan, dibeberpa daerah yang miliki hot spot cukup terbesar pada musim kemarau 2018 ini, diperkirakan 100 titik, dan meluas dibeberapa daerah Kecamatan dan Desa.

Menurut Rusdiansyah, dari data BPBD Riau update, Kamis (16/8/2018) jumlah lahan dan hutan yang sudah terbakar, dari beberapa daerah di Rokan Hilir, sudah mencapai 1.093.84 Hektar. (Syofyan)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar