Karhutla di Rokan Hilir, Asapnya Sudah Mengarah Ke Timur Selat Malaka, Ini Penjelasan Bupati Suyatno

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Rokan Hilir, sudah meluas dan sangat luar biasa. Bahkan berdasarkan data dari BPBD Provinsi Riau, karhutla di Rokan Hilir memang sangat luas sekali, dan terjadi dibeberapa daerah, seperti: di daerah Kubu, Pekaitan, Bangko dan lainnya, demikian disampaikan Bupati Rohil H.Suyatno, Kamis (16/8/2018).

Dijelaskan Bupati, setelah dilihat kondisi karhutla dari atas, ditambah peralatan yang terbatas, dan kondisi medan yang sulit dijangkau, personil susah untuk memadamkan api, tapi kita jangan putus asa, semua tim Satgas karkahut TNI dan Polri termasuk MPA telah berada dilapangan.

"Kalau dilihat kondisi karlahut tersebut dari atas, memang jauh jaraknya dari pemungkiman warga, karhutla terjadi di areal kebun sawit yang sudah pernah terbakar, kembali terbakar, ada juga hutan yang tidak begitu besar, ikut terbakar", imbuh Bupati Suyatno. seraya berharap dan berdo'a kepada Allah SWT, mudah-mudahan dalam dua atau tiga hari hujan datang.

Terkait informasi dugaan, adanya rumah warga Kubu terkena musibah kebakaran akibat dari karkahut tersebut, Bupati H. Suyatno menepis Isu tersebut, "itu informasi berita yang menyesatkan, dan itu berita tidak benar kalau sampai 17 rumah terbakar, dan warga ikut mengungsi kemana-mana", ujarnya.

Diterangkan Bupati lagi, bahwa Dandim telah melaporkan ke Danrem, dan beliau langsung turun check kelapangan, tidak ada rumah yang terbakar akibat karkahut.

"Kondisi cuaca saat ini memang cukup lumayan panas, hembusan angin dari atas mengakibatkan asap mulai mengarah ke timur Selat Melaka", pungkas Suyatno. (Syofyan)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar