KPID Wilayah Riau Dukung Lembaga Penyiaran Publik Lokal, RPK Dan STV Menjadi BLUD

SIAK, RIAUBERNAS.COM - KPID Wilayah Riau mendukung lembaga penyiaran publik lokal, RPK dan S.TV menjadi Badan layanan umum daerah (BLUD). Hal itu terlihat saat petugas KPI Daerah Riau mengunjungi Bupati Siak H. Syamsuar  diruang kerja Bupati Siak, Senin kemarin, (7/8/2018).

Bupati Siak H Syamsuar menyampaikan, dengan kunjungan yang dilakukan oleh pengurus Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Riau, banyak masukkan yang ia dapat, salah satunya tentang penguatan kelembagaan radio Pemkab Siak dan TV lokal.

Media Siak TV dan Radio RPK, saat ini sedang dalam proses kepengurusan perizinan. Jika media ini dapat dikelola secara profesional, sehingga lebih berkwalitas dan jangkauanya lebih meningkat. Tentu kan bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Siak.

“Kita memiliki LPPL Radio dan Tv Siak, namun pelaksanaanya belum maksimal. Harapan saya, setelah media ini dilengkapi izinnya, kedepan akan bermanfaat baik bagi pemerintah daerah juga bagi masyarakat Siak”, tutur Syamsuar.

Kata Syamsuar lagi, Saya mengharapkan kepada Dinas Infokom, dapat mencari bentuk pengelolaan media Radio dan Tv Siak ini, seperti Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Seperti yang telah sedang di terapkan RSUD Siak, Syamsuar mencontohkan. Tujuannya agar dapat berdiri sendiri dan mendatangkan pemasukan bagi kas daerah.

“Kita menginginkan media pemerintah ini pengelolaannya dari LPPL menjadi BLUD, agar bisa mandiri, tidak lagi bergantung dengan pemkab saja, namun dapat menambah profit bagi pemerintah daerah”, ungkapnya.

Di jelaskan Syamsuar lagi, apa lagi Kabupaten Siak salah satu tujuan wisata. Melalui media lokal, objek-objek wisata yang ada dapat terekspos dengan baik. Serta Khasanah dan tradisi Melayu, dapat ditampilkan sebagai informasi dan hiburan tamu yang datang ke kota Siak.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Riau H. Falzah Surahman mengatakan, kami sangat mengapresiasi Pemkab Siak, bukan saja berhasil membangun infrastruktur. Tapi juga berhasil dalam membangun infrastruktur siaran, di Siak ini juga sudah selesai.

“Kita mendukung sepenuhnya media lokal, untuk tumbuh dan berkembang, bahkan lembaga penyiaran lokal, menjadi Badan Layanan Umum Daerah. Hanya saja radio perlu kita lakukan evaluasi. Di Riau, hanya Siak dan Indragiri Hulu saja, salah satu menjadi Roll model khusus untuk lembaga penyiaran Tv, karena tidak semua daerah yang memiliki izin tetap Tv dan radio”, terang Falzah.

Kehadiran rombongan pengurus KPID Wilayah Riau yang berjumlah tujuh orang itu, antara lain, Wakil Ketua KPID Wulayah Riau Hisan Setiawan, Kordinator Bidang Kelembagaan M. Asrar Rais, Kordinator Bidang isi Siaran, Kordinator Bidang Perizinan Warsito, Isi Siaran Wide Munawir Rosa serta Isi Siaran Nopri Naldi. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar