Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Siak Jalin Kerjasama Dengan Tanoto Foundation

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak melakukan kerjasama dengan Tanoto Foundation atau Yayasan Bhakti Tanoto. Kerjasama tersebut, ditandai dengan Kesepakatan Bersama yang di tanda tangani oleh Bupati Siak Syamsuar dengan Ketua Yayasan Bhakti Tanoto yang diwakili oleh Stuart Weston, Selasa (7/8/2018) di Kantor Bupati Siak.

Direktur Pelita Pendidikan Yayasan Bhakti Tanoto, Stuart Weston menjelaskan, program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia. Hasil yang diharapkan dari kerjasama ini
adalah peningkatan kualitas pengajar (guru) dalam sekolah terkait pembelajaran dan manajemen sekolah yang baik.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan potensi setiap anak untuk mewujudkan masa depannya yang lebih baik, melalui bahan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada teori”, jelas Stuart Weston yang fasih berbahasa Indonesia.

Pada tahap awal, kata dia, kerjasama ini berlangsung selama 3 tahun, dan pihak Tanoto akan melatih kepala sekolah dan guru-guru di 28 sekolah terpilih, untuk meningkatkan kapasistasnya dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, manajemen sekolah dan budaya baca.

Di kesempatan itu, Bupati Siak Syamsuar menyambut baik program yang dilaksanakan oleh Yayasan Bhakti Tanoto ini. Dirinya berharap melalui program ini bisa meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan hingga ke pelosok kampung. Ia mengaku sudah lama mengetahui kontribusi Tanoto Foundation dalam pendidikan di Indonesia.

“Kami atas nama pemkab Siak, mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Bhakti Tanoto yang peduli dengan mutu pendidikan di kabupaten Siak”, ucap Syamsuar di ruang Raja Indra Pahlawan.

Bupati Siak dua periode itu tampak begitu antusias, karena Tanoto Foundation ini memiliki program peningkatan kualitas pendidikan yang bekerjasama dengan kementerian pendidikan, kementerian agama, kemenristekdikti, pemerintah kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

“Dengan adanya program ini, diharapkan tak ada lagi istilah sekolah unggulan, karena mutu sekolah dan pendidikan sudah merata keseluruh kampung”, kata Syamsuar.

Dilain pihak, Lila Delila salah seorang peserta usai acara mengatakan, kualitas pendidikan di daerah, salah satunya ditentukan oleh kualitas para gurunya. Guru yang berkompeten akan bisa mendidik anak-anak menjadi manusia unggul yang bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah dan bangsa.

“Kami sangat mendukung dengan program ini, apalagi pihak yayasan tersebut sangat komit membantu untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan kita di daerah,” kata Lila guru SMPN 1 Sungai Apit itu.

28 guru dan kepala sekolah se Kabupaten Siak yang terpilih, terdiri dari 16 sekolah dasar (SD), 4 Madrasah Ibtidayah (MI), 6 SMP dan 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berada di 4 kecamatan yakni, Siak, Mempura, Sabak Auh dan Sungai Apit.

Tanoto Foundation merupakan lembaga nirlaba yang didirikan oleh Sukanto Tanoto bersama Tinah Bingei Tanoto, dengan fokus pada penyediaan dana untuk mendukung program pendidikan serta pemberdayaan.

Bentuk Bantuan yang diberikan, berupa teknis pelatihan dan pendampingan untuk guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah, dalam meningkatkan kualitas sekolah. Melalui program Pelita Pendidikan akan bersinergi dengan program-program pemerintah yang pelaksanaannya difokuskan pada wilayah yang belum tercakup oleh program sejenis.

Lokasi sekolah dan madrasah mitra yang dipilih ada di daerah perkotaan dan dipedesaan, agar ada alternative pilihan sekolah acuan yang berhasil dalam mengembangkan pembelajaran aktif, dan budaya baca untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (Rls/van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar