Siak Kembali Raih Piala Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Bupati Siak Syamsuar saat menerima piala Kabupaten terbaik dalam PTSP.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Dibawah kepemimpinan Bupati Syamsuar dan Wakil Bupati Alfedri, Siak kembali menoreh prestasi tingkat nasional. Kali ini, Ia menerima piala Pelayanan Terpadu Satu Pintu dari kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM Thomas Trikasih Lembong di Auditorium BKPM gedung Suhartoyo Jakarta selatan, Kamis (12/7/2018).

Bupati Siak Drs Syamsuar Msi, menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang telah dicapai KPTSP selama dua kali berturut turut meraih peringkat pertama nasional.

"Syukur Alhamdulillah, bahwa DPMPTSP Siak telah bekerja dengan baik, dan Saya mengucapkan terima kasih selaku pimpinan daerah atas prestasi dua kali berturut-turut tingkat nasional ini. Pertama di 2016 yang kedua di 2018  tingkat nasional. Semoga ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah, khususnya bagi DPMPTSP dan Dinas yang terkait dengan DPMPTSP, agar mendukung penuh dari upaya-upaya kita lakukan, sehingga kita memperoleh prestasi yang terbaik tingkat nasional", ucap Syamsuar.

Syamsuar juga menambahkan, kedepan kita harus mengusahakan iklim usaha yang kondusif sekaligus memotivasi investor untuk investasi di Siak. Karena bagaimanapun kemajuan di daerah ditunjang dengan tumbuhnya investasi daerah, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita, sehingga menumbuhkan ekonomi di masyarakat Siak dan masyarakat Riau pada khususnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal&Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPMPTSP Siak Heriyanto Menyampaikan, Pihaknya telah melakukan berbagai inovasi diantaranya, perizinan online, tracking system, pengaduan online, sms gateway, Fraud Control Plan (FCP), Whistleblowing System, arsip digital, barcode System, aplikasi antrian tiket, perizinan simultan SIUP TDP dalam satu berkas terbit 2 izin serta inovasi terbaru sertifikat elektronik.

Sedangkan Thomas, selaku Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal menyampaikan, bahwa pemenang penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu kategori provinsi terbaik tahun 2018 adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dari provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, serta yang ketiga Provinsi DKI Jakarta.

Untuk kategori kota adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Pekanbaru, Kota Surakarta, serta Kota Semarang. Sedangkan kategori Kabupaten adalah Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Siak, Kabupaten Sragen, serta Kabupaten Pinrang.

"Untuk penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu wilayah timur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah Kota Kupang, Kota Ternate, dan Kabupaten Jayapura", pungkasnya.

Kegiatan kualifikasi pemeringkatan PTSP dilakukan untuk memotret kondisi faktual PTSP daerah, mengukur penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan penanaman modal daerah, untuk meningkatkan mutu pelayanan publik.

Melihat kesiapan PTSP daerah menyongsong pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik dan mengetahui kondisi Satgas percepatan pelaksanaan berusaha di daerah, kegiatan ini dilakukan melalui proses survey lapangan yang dilakukan BKPM bekerjasama dengan PT Surveyor Indonesia.

Dalam melakukan penilaian dan peningkatan, BKPM bekerjasama dengan beberapa Kementerian/Lembaga non Kementerian lainnya, yaitu Kemenko perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Setwapres, Kementerian perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian keuangan, Kementerian PPN Bappenas BPKP dan KPPOD. (Rls/van)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar