Menang di Semua Kecamatan, Syamsuar-Edi Nasution Raih 69,22 Persen Suara di Kabupaten Siak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Keperkasaan pasangan nomor urut 1, Syamsuar-Edi Natar Nasution tak terbendung lagi di Kabupaten Siak. Dari 14 kecamatan yang ada, tak satu pun pasangan yang diusung PAN, PKS dan NasDem ini kalah.

Bahkan, persentase kemenangan pasangan ini mencapai 69,22 persen. Ini membuktikan, keinginan masyarakat Siak agar Syamsuar yang merupakan Bupati Siak maju menjadi Gubernur Riau cukup tinggi.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 tingkat Kabupaten Siak, di Gedung Mahratu Kota Siak Sri Indrapura, Jumat (6/7/2018), pasangan nomor urut 1 ini meraih suara 110.020 (69,22 persen). Disusul paslon nomor urut 4, dengan raihan suara 24.743 (15,57 persen), kemudian paslon nomor urut 3, 12.157 suara (7,65 persen) dan terakhir paslon nomor urut 2, 12.023 suara (7,56 persen).

Dari perolehan suara itu, diketahui jumlah suara sah 158.943 dan suara tidak sah 2.691. Jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 161.634 dari 261.286 daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Siak.

Rapat pleno yang dilaksanakan KPU Kabupaten Siak ini, sekaligus menjabarkan partipasi masyarakat Siak pada pilgubri tanggal 27 Juni lalu hanya 61,23 persen, atau hampir 40 persen warga tak menggunakan hak pilihnya alias golput.

Ketua KPU Siak Sariman menjelaskan, selama pleno berlangsung tidak ada kendala yang dihadapi. Semua saksi menerima hasil rekapitulasi suara yang dibacakan masing-masing PPK se Kabupaten Siak.

"Alhamdullilah, rapat pleno ini berjalan lancar. Selanjutnya, kita mengirim semua berkas ini ke KPU Provinsi yang dikawal pihak kepolisian, sebagai bahan pleno KPU Riau dalam beberapa hari kedepan," ujar Sariman.

Ketua Panwaslu Siak M Royani menilai, masih ditemukan persoalan dilapangan terkait jumlah DPT di kecamatan. Terdapat DPT yang jumlahnya berlebih dan ada juga berkurang.

"Masalah ini hendaknya menjadi catatan serius oleh KPU Siak untuk melakukan perbaikan, sehingga saat Pileg dan Pilpres tahun 2019 hal ini tak terulang lagi," ujarnya.

Pada rapat pleno itu juga dihadiri Wakil Bupati Siak Alfedri, Asisten I Setdakab Siak Budhi L Yuwono, Kepala Kantor Kesbangpol Siak Hasmizal, Kabag Ren Polres Siak Kompol Burhanuddin, Ketua Panwaslu Kabupaten Siak M Royani, Ketua PPK se Kabupaten Siak dan ratusan undangan lainnya. (Van)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar