Diduga Sengaja Dibakar, Lahan Satu Hektar di Tualang Ludes

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kurang lebih satu Hektar lahan milik masyarakat di Kampung Tualang Kecamatan Tualang terbakar, Kamis (5/7/2018) sekitar pukul 16.00 Wib. Penyebab terbakarnya lahan yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bertani (Beladang,red), diduga sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Penyebab kebakaran hutan dan lahan tersebut, dugaan sengaja dibakar oleh orang yang belum diketahui", sebut Penghulu Kampung Tualang Jufrianto MIp kepada Riau Bernas.com.

Dijelaskan ketua Apdesi Kabupaten Siak itu, bahwa orang yang membakar lahan kita tidak tahu, tapi kita sudah layangkan panggilan kepada pemilik lahan tersebut.

"Kalau pelaku pembakaran belum diketahui, tapi panggilan terhadap pemilik lahan telah dilayangkan. Kalau ingin menggarap lahan, wajib melapor kekantor terlebih dahulu", imbuhnya.

Ditambahkan Jufrianto, upaya memadamkan api tersebut dibantu oleh pihak PT Arara Abadi, Relawan satgas serta Babinsa juga ikut memadamkan.

"Saat ini proses pendinginan sedang dilakukan, semoga lahan yang terbakar tidak meluas", harapnya.

Sementara itu, Petugas pemadam kebakaran dari PT Arara abadi Jhon, mengakui bahwa dia mendapatkan laporan, dan langsung terjun kelokasi.

"Kita dapat informasi sekitar jam setengah lima, kemudian langsung terjun kelapangan", terang Jhon.

Dan ketika ditanya apakah lahan PT Arara Abadi ada yang ikut terbakar, dengan singkat Jhon menjawab, "tidak ada", cuma kita ikut membantu aja, karena kurang lebih Satu kilo dari sini lahan milik kita, maka kita cegah dulu biar tidak sampai", sebutnya. (van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar