Perhelatan Pilgubri 2018

Asumsi Rokan Hilir Sebagai Barometer Pilgubri, Partisifasi Pemilih Relatif Tinggi

Plt. Bupati Rokan Hilir Drs. Jamiludin bersama tim Safari Ramadhan Provinsi Riau.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Guna terciptanya legitimasi kepemimpinan yang reppresentatif pada perhelatan pilgubri dan wagubri tahun 2018, mari kita jadikan wilayah Rokan Hilir ini, sebagai ajang barometer Pilgubri berkualitas, dan kita juga menyakini Pemilu secara demokrasi sebagai barometer mengembirakan, damai, dengan tingkat partisifasi pemilih relatif tinggi. Demikian diungkap oleh Plt. Bupati Rohil Drs.H. Jamiludin dihadapan Tim Safari Ramadhan Provinsi Riau dan jajaran pemerintah serta elemen masyarakat belum lama ini di Bagansiapiapi.

Ia mengatakan, dapat dimakalumi, sejak berdirinya Kabupaten Rokan Hilir telah mengikuti penyelengara Pemilu ,Baik itu Pileg, Pilgubri, maupun Pilpres dari beberapa perhelatan tersebut Rokan Hilir tidak pernah ada persoalan terkait penyelengaraan, dan tetap damai.

Selain itu, lanjut Jamiludin, tingkat partisifasi masyarakat Rokan Hilir dapat dikatakan relatif tinggi, jika dibandingkan dari beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau pada pemilu sebelumnya, dan ini perlu dipertahankan.

"Pada Pilgubri, tingkat partisifasi pemilih Rohil mencapai 80,49 persen, sedangkan Pileg 75,45 persen, dan Pilpres 66,43 persen", terangnya.

Berdasarkan angka tersebut, dapat menjadi acuan kualitas pemilu diwilayah Rokan Hilir cukup baik, sudah tergambarkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menyalurkan hak politik dinilai cukup baik.

Ini menjadi pengalaman bagi kita, tingkat partisifasi tentunya dikerenakan terjalin koordinasi dan komunikasi serta sinergitas antara KPU sebagai penyelenggara Pemilu, dengan Pemerintah Daerah. Terutama Camat dan Kepenghuluan (Desa) mempunyai peran yang cukup strategis, dan merupakan garis terdepan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Para Camat dan Penghulu bisa membantu mensosialisasikan, dan memberikan informasi kepada masyarakat diwilayahnya, terkait dengan tahapan penyelengaraan Pilgubri kali ini", tegasnya.

Berdasarkan data yang dilansir KPU Riau, bahwa DPT pada Pilgubri 2018 untuk Rokan Hilir berjumlah 3,62 juta jiwa, terdiri Pemilih laki-laki 1.840.292 dan Pemilih perempuan 1.782.196. Sementara wilayah Rohil terdapat 15 Kecamatan, yang terdiri 184 Desa dan kelurahan, dengan jumlah TPS 1322, yang mengunakan hak pilih laki-laki 188.830, Hak Pilih perempuan 180.585 dengan total 369.415 pemilih.

Bilamana nanti, Sambung Drs Jamiludin, tingkat partisifasi pemilih Rokan Hilir diasumsikan berkisar 75 persen, berdasarkan jumlah DPT itu maka pemilih lebih kurang berkisar 277.061 suara pemilih diperebutkan oleh ke-empat Paslon Gubernur dan wakil Gubernur Riau 2019 - 2024.

Kita ketahui, Paslon Urut pertama H. Syamsuar - Edinatar Nasution, Urut Ke-dua H. Lukman Edy -Hardianto, Urut Ke-tiga Firdaus -Rusli Effendi dan Urut Ke-empat Andi Rachman - H. Suyatno.

"Dengan optimis dan kekompakan masyarakat yang telah terbangun cukup baik selama ini dipertahankan, dengan demikian kualitas Pilgubri 2018 ini dapat wujudkan tingkat partisifasi pemilih yang lebih baik lagi kedepan", Pungkas Drs. Jamiludin. (Syofyan R)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar