Pelindo 1 Lepas Ribuan Peserta Mudik Gratis

Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya saat melepas para pemudik yang diberangkatkan lewat Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau lebih dikenal Pelindo 1 melepas ribuan pemudik yang bertolak dari Kota Pekanbaru dengan menggunakan armada transportasi darat, Senin (11/6/2018) di Kantor Gubernur Riau. Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 ini, dilepas oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya.

“Hari ini ratusan pemudik berangkat dari Kota Pekanbaru menuju kampung halamannya masing-
masing, semoga para pemudik sampai di tujuan dengan selamat, hingga bisa bertemu keluarga dan merayakan Idul Fitri 1439 H”, jelas Direktur SDM dan Umum Pelindo 1 M. Hamied Wijaya dalam sambutannya.

Hamied menjelaskan, Pelindo 1 memberangkatkan 12 armada bus dari Kota Pekanbaru menuju Kota Medan dan Padang, kemudian, dirangkai dengan 5 bus yang diberangkatkan dari Kantor Camat Kandis menuju Kota Medan. Selain itu, 8 bus diberangkatkan dari Pelabuhan Perawang menuju Kota Medan dan Padang, serta 8 bus diberangkatkan dari Kantor Camat Tualang Pelindo 1 menuju Kota Medan dan Padang.

M. Hamied Wijaya menambahkan, bahwa pada hari ini merupakan puncak keberangkatan mudik gratis, melalui Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 secara serentak di beberapa kota, baik melalui jalur laut maupun darat.

“Pelindo 1 telah memberangkatkan sekitar 4.750 orang untuk merayakan Idul Fitri 1439 H di kampung halamannya, dengan menyediakan 45 armada bus dan 12 kapal laut dengan 11 rute mudik. Pelindo 1 mendukung program BUMN untuk menyediakan program mudik yang aman dan nyaman, serta memberikan manfaat bagi masyarakat”, tutur M. Hamied Wijaya.

Program Mudik Gratis ini melayani 11 rute mudik, untuk via laut meliputi: Pelabuhan Tanjung
Pinang menuju Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak. Sedangkan Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna), dan Pelabuhan Batu Ampar Batam menuju Pelabuhan Belawan Medan.

Sedangkan rute mudik melalui jalur darat di antaranya: Pekanbaru–Medan, Pekanbaru–Padang, Kandis–Medan, Perawang–Padang, Perawan– Medan, Dumai–Medan, Medan–Aceh, Medan–Tapanuli Selatan, serta Medan –Tapanuli Tengah.

Pelepasan Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 juga dilaksanakan di Pelabuhan Batu Ampar Batam, dengan memberangkatkan Kapal Kelud menuju Pelabuhan Belawan Medan, yang membawa 2.000 pemudik pada,  Sabtu 9 Juni 2018 dan Senin 11 Juni 2018.

Untuk memudahkan para pemudik yang akan melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya, Pelindo 1 juga menyediakan 15 armada bus di Kota Medan untuk rute perjalanan menuju Aceh, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Tengah yang berangkat pada Minggu 10 Januari 2018 dan Selasa 12 Juni 2018 dari Pelabuhan Belawan.

ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami menambahkan, bahwa Pelindo 1 telah memberangkatkan ribuan pemudik, baik itu melalui jalur laut maupun darat. “Pelepasan Mudik Gratis ini menjadi puncak rangkaian program Ramadhan hingga Idul Fitri 1439 H, yang dilaksanakan Pelindo 1. Sepanjang bulan Ramadhan, Pelindo 1 berupaya terus untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah kerja Pelindo 1“, tambah Fiona Sari Utami.

Sementara itu, Plt. Bupati Siak Drs. Alfedri Msi melalui Asisten III Djamaluddin, mengucapkan terima kasih kepada pihak pelindo 1 yang telah menyediakan fasilitas bus untuk masyararakat Siak mudik ke dua Provinsi yaitu Medan dan Sumbar.
 
"Ini merupakan kegaiatan mulia untuk masyarakat yang membutuhkan dengan tujuan pulang kampung, Namun dengan adanya mudik bareng ini akan memudahkan masyarakat. Kami dari Pemkab mengucapkan terimaksaih kepada pelindo dan bagi pemudik yang berangkat selamat sampai ke tujuan.

Djamaluddin juga meminta kepada supir, agar berhati-hati dalam berlalulintas. Ini sangat penting, apalagi lalulintas sangat padat, yang paling terpenting utamakan keselamatan penumpang.

"Pemkab akan selalu memantau dan memberikan fasilitas mudik bareng. Kita sudah menyediakan pos keamanan dan kesehatan di titik-titik yang telah ditentukan, semoga bisa berjalan dengan baik", pintanya. (van)


 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar