Ketua Panwaslu Rohil Minta PTPS Awasi Money Politik Dalam Pilgubri

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Panwaslu Rokan Hilir kumpulkan Pengawas TPS guna mendapatkan pemahaman Bimbingan teknis (Bimtek) Tahapan pemunggutan dan perhitungan suara.

Bimtek yang dihadiri 1322 Pengawas TPS Se-(Rohil) tersebut, dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Rohil Syahruri,SHi didampingi Komisioner Edi Mahseri, Sabtu (9/6/2018) di Gedung Olahraga areal Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi.

Ketua Panwaslu Rokan Hilir Syahyuri,SH.i,menyebutkan, Bimtek Pengawas TPS yang pertama kalinya, tapi bukan yang terakhir, karena tugas pengawas TPS berjalan mulai 23 hari sebelum pencoblosan.

Tujuan Bimtek dilaksanakan, untuk lebih mengenal antara satu dengan lainnya, untuk menjalin kerjasama sebagai pengawasan Pilgubri, baik itu ditingkat Kabupaten dan Panwascam dan PPL. Selain itu, menpermudah koordinasi dan komunikasi, bagi pengawasan sesuai undang-undang yang berlaku.

Selain itu, Bimtek memberikan pemahaman kepada pengawas dalam menjalan tugas dengan dilengkapi perangkat, bekerja hingga akhir tahapan. Materi bimtek kali ini berubah dari pemilu sebelumnya, makanya perlu dicermati, dan pemahaman, serta mendengar lebih jelas.

Dijelaskan Syahruri, peran tanggung jawab pengawas TPS, tidak hanya menghitung suara, namun perlu mengawasi terjadinya money politic, serta mengawasi APK yang diduga melanggar aturan pemilu, sebelum hari pemilu.

"Jika pengawas TPS melakukan pencoblosan ketempat yang lain, Petugas dapat berkoordinasi kepada pengawasan lainya, supaya pengawasan berjalan maksimal sesuai harapan", tegas Syahruri.

Sementara, Kepala Sekretariat Panwaslu Rohil Sugi menuturkan, bahwa Pengawas TPS sebagai ujung tombok, suksesnya pemilu Pilgubri tergantung pengawas TPS dilapangan.

"Suksesnya pemilu ada dipundak saudara-saudari, bekerjalah dengan betul-betul, jaga integritas, tugas ini merupakan karir awal menuju cita-cita kesuksesan", tutur Sugi mengingatkan.

Sementara, agenda penyampaian Materi Bimtek pengawasan dan perhutingan suara, disampaikan oleh Bawaslu Provinsi Riau yang diwakili Ketua Panwaslu Rohil Syahruri,Shi didamping Kasek Sugi dan Komisionernya. (Syofyan R)



 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar