Fantastis, Tidak Sampai 1 jam, Terkumpul Rp.500 Juta Lebih

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Luar biasa, tidak sampai 1 jam, telah terkumpul dana zakat sebanyak Rp. 538.501.250,-. Uang sebanyak itu, terkumpul melalui kegiatan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat untuk kecamatan Siak dan Mempura.

Plt. Bupati Siak H. Alfedri, menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya program dari Baznas Siak itu. Ia juga mengapresiasi dalam pengumpulan zakat yang semakin meningkat dan meluas sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Program Gemar yang dicanangkan tahun 2014 lalu, terus diupayakan semakin meningkat dan meluas, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih dan apresiasi untuk Baznas Kabupaten Siak", ucap Alfedri, Jum'at (1/6/2018) di masjid Sultan Syarif Kasim.

Alfedri menambahkan, penyaluran dana zakat tersebut tidak hanya untuk kaum mustahik, tapi juga digunakan untuk pembangunan fasilitas umum, seperti pembangunan tenpat wudhu di mesjid dan mushala, serta penyediaan fasilitas air bersih.

"Hebatnya Baznas Siak ini, tidak hanya menyalurkan dana zakat dengan pola konsumtif saja, tapi berinovasi melalui program Siak Sehat, Siak Religie, Siak sejahtera, Siak peduli, Siak cerdas dan Siak terang", kata Alfedri penuh semangat.

Diujung sambutannya, ia berpesan agar masyarakat maupun pejabat bersungguh-sungguh dalam beramal membayar zakat, sehingga senantiasa tercurah rahmat dan berkah bagi yang berzakat dan negeri istana.

Sementara, Ketua Baznas Provinsi Riau Yurnal Edward mengatakan, moment bulan suci ramadhan menjadi waktu yang tepat bagi kaum muslim untuk menyalurkan zakatnya, sebagai cara membersihkan harta yang didapat.

Dirinya pun mengapresiasi Kabupaten Siak sebagai daerah tergolong berhasil, dalam menghimpun zakat, serta menjadi contoh dalam menegakkan rukun zakat. Sehingga kedepan semakin banyak daerah yang mampu mengelola zakat untuk membantu kaum yang membutuhkan sekaligus mengentaskan kemiskinan.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Siak H.Abd. Rasyid Suharto, menyampaikan semboyan "Dimana di dapat, disitu berzakat" atau ajakan yang digaungkan Baznas Kabupaten Siak.

"Baznas Kabupaten Siak, kedepan tengah berupaya meningkatkan kapasitas dari sisi amil melalui sertifikasi, agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai syariat islam", ujarnya.

Rasyid juga menjelaskan, Baznas Kabupaten Siak memaksimalkan fungsi Upz disetiap kecamatan, sejak tahun 2016. Pengumpulan dengan pemotongan gaji dan tunjangan juga dilaksanakan bagi ASN.

Sementara, untuk pendistribusiannya zakat terbagi dalam 5 pos pembagian, yaitu Siak Taqwa, Siak Makmur, Siak Pintar, Siak Sehat dan Siak Peduli. Tahun ini merupakan tahun ke 5 gerakan masyarakat berzakat yang telah di laksanakan oleh Baznas Kabupaten Siak dan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.

Agenda yang menjadi kegiatan tahunan tersebut, bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. GEMAR Siak Berzakat ke 5 ini diisi dengan kegiatan tabligh akbar yang diadakan di Islamic Center, tak kurang ratusan orang menghadiri acara tersebut. (van)



 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar