Wakapolres Rohil: Pancasila Perkokoh Bangsa

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Jajaran Polres Rohil melaksanakan peringati Hari Kelahiran Pancasila. Upacara yang dipimpin oleh Wakapolres Rokan Hilir Kompol Dr. Wawan, SH.MH, dihadiri oleh seluruh Kabag, Kasat, para pejabat utama, dan seluruh Personil Polres Rokan Hilir, Jum'at (1/6/2018) di Mako Polres Rokan Hilir, di Banjar XII Tanah Putih.

Amanat Presiden Republik Indonesia, yang dibacakan Waka Polres Rokan Hilir, Kompol Dr. Wawan,SH.MH  selaku inspektur upacara menyampaikan, bahwa sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Selama 73 tahun, pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah goncangan jalan yang berombak, ideologi-ideologi lain, yang berusaha menggesernya.

Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang berbhineka tunggal Ika, Insya Allah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. Sesungguhnya, Pancasila adalah berkah yang indah, yang diberikan tuhan yang maha esa kepada kita semua, melalui perenungan, pergulatan, pemikiran, dan kejernihan batin, para founding fathers Indonesia.

Adapun Pancasila, pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1Juni 1945. Kemudian, dituangkan di dalam Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, selanjutnya, dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa, dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang, duduk bersama untuk menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah menjadi dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Indonesia sebagai bangsa yang majemuk, terdiri atas 714 suku, dan 1100 lebih bahasa lokal, dan masyarakat yang hidup 17.000 pulau-pulau. Semangat persatuan, merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus-menerus bersatu, memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita harus bersatu, dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, dan paling besar, dan bangsa pemimpin.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu meraih, dan berprestasi untuk memenangkan kompetisi, harus percaya diri dan berani bersaing, dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka, dan kompetitif.

"Dan Kita harus pula perkokoh kekuatan politik bangsa, dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi, dalam perselisihan, perpecahan. Kita harus melakukan lompatan besar, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan tangguh", tutup  Waka Polres Rohil. (Rls/syofyan)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar