Jika Aspirasi Tidak Ditanggapi

Pekan Depan, Petani Plasma PT. JJP Akan Unjuk Rasa

Ketua Tim Sembilan Kebun Plasma PT. JPP Zulpakar, SE.Msi.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Tim sembilan Petani plasma PT. Jatim Jaya Perkasa (JJP) kembali menyurati wakil Rakyat Rokan Hilir, untuk permintaan gelar hearing, mencari titik temu penyelesaian pembagian kebun plasma PT. Jatim Jaya Perkasa secara permanent.

Petani plasma meragukan nait baik, dan keseriusan anggota DPRD dan Pemerintah Rokan Hilir, berbagai tuntutan dan aspirasi masyarakat peserta petani plasma PT JJP Seakan-terabaikan selama ini. Demikian dikatakan oleh Ketua Tim Sembilan Kebun Plasma PT. JPP Zulpakar, SE.Msi, Jum'at (4/5/2018) di Bagansiapiapi.

"Kita mengkuatirkan keberadaan DPRD Rohil, sehingga menimbulkan keraguan, apakah mereka ini (DPRD,red) ingin membela petani plasma, atau membela perusahaan beserta kroni-kroninya", tambah Zulpakar.

Petunjuk kuasa hukum kami, sudah melayangkan surat ketiga kalinya, kekantor DPRD terhormat, demi tuntutan petani plasma kubu dan Kuba, Petani Pekaitan, Pedamaran, untuk hearing, guna mencari  penyelesaian masalah petani kebun plasma PT. JJP.

"Sedangkan Surat sudah masuk, namun belum adanya tanggapan sedikit pun dari wakil Rakyat yang terhormat, yang dipilih oleh masyarakat sebelumnya", terangnya.

Selain itu, lanjut Zulpakar, kita mendapatkan bocoran, adanya indikasi pengelapan dana konvensasi 70 peserta petani plasma Kubu di unit koperasi Seribu Kubah. Petani plasma juga meminta pertanggung jawaban hilangnya nama-nama petani plasma, yang tercantum dalam SK Bupati nomor 35 Nomor 2011 Terbit 17 maret 2011 lalu.

Tim sembilan bekerja secara profesional, didampingi kuasa hukum Cutra andika & Patner, bahkan data yang terhimpun dari Dinas Koperasi dan UKM Rohil, yang diperoleh beberapa waktu lalu, bahwa Koperasi Keribu Kubah dalam tiga tahun terakhir, tidak pernah  melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dari 2015-2018 kini.

"Kalau memang sengaja tidak direspon, atau tidak ditindak lanjuti, maka tim sembilan beserta 1842 petani plasma Kubu, Kuba, dan 625 petani plasma Pekaitan akan turun melakukan unjuk rasa damai pekan depan, menuntut hak-hak petani plasma yang terabaikan serta terzolimi", Pungkas Zulpakar. (syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar