Sungai Leko Kandis Tercemar

Irwan: Ikan Banyak Mati Diduga Karena Limbah

Ikan yang banyak mati di Sungai Leko Kandis diduga karena limbah pabrik PKS.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sungai Leko Kampung Garut, Kecamatan Kandis Kabupaten Siak Riau tercemar. Diduga penyebab tercemarnya sungai Leko tersebut disebabkan limbah pabrik kelapa sawit (PKS) yang memproduksi minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), yang penuh melimpah (overload) dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Teguh Wana Lestari (PT TWL) di Kecamatan Kandis.

Menurut informasi warga Kecamatan Kandis Siak Riau yang minta tak ditulis namanya, kepada awak media ini menjelaskan, lepasnya limbah CPO itu bukan karena kolam limbahnya bobol, melainkan volume kolam limbahnya sudah penuh, akhirnya melimpah dan masuk ke Sungai Leko dan mematikan ribuan ikan.

Sementara, Humas PT Ivo Mas Evi, saat ditanya awak media ini mengaku PT Teguh Wana Lestari itu bukan satu grup dengan PT Ivo Mas (Sinar Mas Grup).

Masyarakat yang bermukim di kawasan aliran Sungai Leko itu berharap aparat berwajib atau Camat agar turun ke lapangan segera, untuk menyelidiki kasus limbah CPO yang mencemari lingkungan ini. "Limbah itu baunya busuk sekali", demikian warga mengeluhkan.

Sementara itu, Camat Kandis Irwan Kurniawan, menanggapi permasalahan tersebut, mengaku sudah turun kelapangan yaitu sungai Leko bersama DLH Kabupaten Siak.

"Kita sudah lihat langsung, Ikan banyak mati, kuat dugaan dari limbah perusahan, lebih pastinya tanya ke DLH Kabupaten Siak karena sudah ambil sampel dan diperiksa dilabor," pungkasnya. (van)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar