Disnakan Siak Beri Bantuan Bibit Lele

Susilawati: Ini Sangat Kreatif

Kadisnakan Siak Susilawati melakukan penaburan bibit ikan lele di median drum.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kepala dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Siak Susilawati, memberikan bantuan bibit ikan lele sebanyak 5000 bibit kepada Karang Taruna Kecamatan Tualang, Kamis (1/3/2018).

Bantuan bibit ikan lele tersebut, langsung diserahkan oleh Kadis Disnakan Siak Susilawati kepada Ketua Karang Taruna kecamatan Tualang Yudi. Usai menyerahkan Kadis Disnakan Siak bersama Ketua Karang Taruna Kecamatan Tualang Yudi dan Perwakilan CSR PT IKPP Perawang Armon, langsung melakukan penaburan bibit ikan lele secara simbolis ke media drum yang telah disediakan oleh Karang taruna Kecamatan Tualang.

Kepala Dinas  Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak Susilawati menyebutkan, bahwa ini ide yang sangat kreatif, sebab media yang digunakan dari limbah kemudian disulap menjadi wadah untuk membesarkan ikan lele ini.

"Sebanyak 5000 bibit lele kami taburkan, untuk tahap awal satu wadah drum itu diisi maksimal 150 bibit, seharusnya capai 250 bibit karena wadah digunakan dari limbah, maka kita lakukan percobaan dulu", ungkap Susilawati saat meninjau media drum di Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang.

Kalau dilihat dari keberhasilan, lanjut Susilawati, itu sangat bagus, karena sudah dilakukan percobaan dulu, "lihat drum disebelah itu pak, itukan percobaan kita, diusia lele yang sebulan, ukuran sama dengan lele dibesarkan di kolam. Saya salut sama Karang Taruna Kecamatan Tualang ini, sebab selain kreatif juga pakan YANG digunakan untuk membesarkan ikan lele ini terbilang sendiri (menggunakan biaya sendiri). Mudah mudahan dengan langkah awal ini dapat mengembangkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat", pintanya.

Lanjut Susi, nanti kita akan bantu juga mempasarkan hasil peternakan ini apabila sudah panen, kita  juga mengucapkan terima kasih kepada CSR PT IKPP yang telah mendukung ternak lele dibawah binaan Karang Taruna Kecamatan Tualang.

Camat Tualang Zalik Efendi mengatakan, bahwa bantuan bibit ikan lele sebanyak 5000 bibit dari Disnakan Siak yang diusulkan oleh Karang Taruna. Ia meminta kepada Karang Taruna jangan berpangku tangan serta harus usaha sendiri.

"Saat ini ada 4 titik dari tiga Kampung yang terlibat usaha ternak lele ini, untuk kedepanya semua Kampung harus ada usaha ternak lele ini. Mudah mudahan melalui usaha ini, mayarakat kita termotivasi berwirausaha dan mandiri", jelas Zalik.

Sementara itu, Ketua Karang taruna Kecamatan Tualang, Yudi mengatakan, bahwa ada sekitar 4 titik usaha ternak lele dari tiga Kampung, yaitu: Kampung Tualang 2 titik, Kampung Pinang Sebatang 1 titik dan 1 titik lagi di Kampung Maredan, nanti kedapan semua Kampung akan kita lakukan ternak lele.

Yudi menjelaskan, ternak ikan lele menggunakan media drum ini, mendapat informasi dari kawan kawan dari Karang taruna Bandung.

"Kita belajar dan kordinasi sama mereka, artinya kita dari Karang Taruna akan membangkitkan pemuda Tualang untuk berwirausaha, kemudian ternak ini akan kita kelola dalam bentuk koperasi", pungkasnya. (ivn)


Editor : Andy Indrayanto.

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar