Sat Lantas Polres Pelalawan Sosialisasi Operasi Keselamatan

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Kepolisian Republik Indonesia pada tanggal 1 s/d 21 Maret 2018 nanti, akan melaksanakan Operasi Keselamatan secara serentak di seluruh Indonesia. Agar masyarakat mengetahui hal itu, Sat Lantas polres Pelalawan melakukan sosialisasi dengan cara pemasangan spanduk himbauan di berbagai tempat di Kabupaten Pelalawan.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan,SIK melalui Kasat Lantas, AKP Mas'ud Ahmad, SIK di dampingi KBO Sat Lantas, Iptu JTP.Silaban,SH, kepada awak media, Jumat (23/2/2018) mengatakan, bahwa Operasi Keselamatan merupakan pengganti operasi Simpati yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat akan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) bagi masyarakat.

Menurut Kasat, pemasangan spanduk merupakan langkah pemberitahuan awal kepada masyarakat, serta bentuk keterbukaan Satlantas dalam hal pelaksanaan operasi.

"Ini merupakan bentuk pemberitahuan awal kepada masyarakat sekaligus mengingatkan kepada pengendara agar tetap berhati-hati dan taat pada aturan lalu lintas", tandasnya.

Dijelaskan, ada beberapa prioritas selama pelaksanaan Operasi Keselamatan, yang akan menjadi prioritas atau target operasi diantaranya orang, benda dan lokasi/tempat.

"Target orang, seperti para pelanggar atau pengendara yang tidak mengenakan helm, pelanggaran marka dan rambu, pelanggaran menggunakan Hand phone saat mengemudi, serta pelanggaran pengguna jalan yang melawan arus", jelasnya.

Masih menurut Kasat, sementara untuk target benda adalah kendaraan yang digunakan bukan peruntukannya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Kendaraan yang dimaksudkan seperti pick-up barang yang dipergunakan untuk mengangkut orang.

"Sedangkan target lain adalah lokasi atau tempat yang akan dijadikan sasaran kegiatan operasi, diantaranya kawasan daerah rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan", pungkasnya.

IPTU JTP.Silaban menambahkan, bahwa dengan pemasangan spanduk operasi Keselamatan ini diharapkan masyarakat minimal membacanya, dengan sudah membaca isinya diharapkan masyarakat bisa mengaplikasikannya dengan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Kegiatan kampanye dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas akan kami terus laksanakan, terutama selama Operasi Keselamatan 2018 berlangsung, sehingga terwujud masyarakat yang tertib berlalu lintas dan meningkatakan keselamatan berlalu lintas di wilayah Kab.Pelalawan", terang Silaban.(***)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar