Mantap, Pasar Rakyat Perawang Miliki Ruang Pojok ASI

Ilustrasi/Int.
SIAK, RIAUBERNAS.COM - Ada yang unik dari Pasar Rakyat Tualang yang baru diresmikan oleh Bupati Siak, Syamsuar. Pasalnya, Pasar Rakyat Tualang yang notabene adalah pasar tradisional namun memiliki ruangan khusus bagi para ibu yang ingin menyusui bayinya. Konsep seperti ini biasanya ada di Mall-Mall, namun kali ini konsep yang tak lazim berada di sebuah pasar tradisional. 
 
Ruang pojok Air Susu Ibu (ASI) itu diresmikan langsung oleh Bupati Siak, Drs Syamsuar, sekaligus meresmikan pemakaian pasar rakyat di kecamatan Tualang, Rabu (07/02/2018).
 
"Pojok ASI ini merupakan wujud dari komitmen kami sebagai kota layak anak, selain itu tersedianya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) agar membantu kelancaran transaksi jual beli," katanya. 
 
Lanjutnya, ruang pojok ASI itu juga sebagai upaya untuk mengadvokasi ibu–ibu yang masih memiliki bayi agar tidak meninggalkan pemberian ASI ekslusif selama enam bulan bagi bayi mereka.   
 
"Saya berharap, para ibu bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan, dan para pengelola pasar agar menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar tersebut," tandasnya. 
 
Ruangan seluas 3X4 meter yang terletak di lantai dua pasar itu dilengkapi beberapa fasilitas penunjang di antaranya kursi, meja ganti popok untuk bayi, dan wastafel. Dan adanya ruangan khusus menyusui itu pun disambut antusias para ibu-ibu yang memiliki bayi.
 
"Saya sangat senang di pasar ini ada ruang khusus menyusui, jadi lebih nyaman untuk menyusui anak saya," kata seorang ibu yang bekerja di pasar tersebut.
 
Kepala puskesmas Tualang, Dr Nedra, saat dikonfirmasi soal ini mengatakan bahwa, mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa keberadaan Pojok ASI tidaklah penting dan bukan menjadi prioritas. Padahal, dengan adanya Pojok ASI di tempat-tempat umum seperti ini, tentunya sangat membantu aktivitas ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif.
 
"ASI memiliki manfaat yang sangat banyak bagi seorang bayi dan ibunya dan pemberian ASI akan mendukung kesehatan ibu dan membantu dalam proses penurunan berat badan pasca kehamilan dan persalinan," jelasnya. (rls/Ivn)
 
 
Editor  : Andy Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar