Bupati Pelalawan H.M.Harris Hadiri Rakor Karhutla di Istana Merdeka

Bupati Pelalawan HM Harris menyimak arahan Presiden Jokowi soal karhutla saat sesi ramah tamah di Istana Merdeka.
JAKARTA, RIAUBERNAS.COM – Bupati Pelalawan H.M.Harris bersama Gubernur, Kapolda,Kapolres,Bupati dan Walikota Se Indonesia menghadiri Rapat Koordinasi Nasional ( Rakornas ) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) di Istana Negara, Selasa (06/02)
 
Rapat Koordinasi  dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tampak hadir dalam Rakornas tersebut antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.
 
Dalam arahannya, Presiden Jokowidodo menginginkan Indonesia di tahun 2018 bebas dari bencana asap. Di samping itu juga bahwa pekerjaan penanganan kebakaran lahan dan hutan ini adalah pekerjaan yang berkelanjutan, tidak bisa berhenti. Oleh sebab itu, Presiden mengingatkan kembali agar kejadian-kejadian yang telah ada di 2015 lalu betul-betul sudah tidak terjadi lagi di tahun ini, maupun tahun-tahun yang akan datang.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dalam dua tahun terakhir (2016-2017) memberikan lompatan kemajuan yang sangat signifikan dalam bidang penanganan kebakaran hutan dan lahan.
 
"Ada penurunan hotspot yang sangat signifikan. Tahun 2015, 21.929 hotspot. Kemudian 2016, turun drastis menjadi 3.915 hotspot. Turunnya langsung drastic, 2017 turun menjadi 2.567 hotspot. Penurunan yang sangat jauh sekali," katanya. 
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan perserta Rakor untuk tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan kembali di tahun 2018 ini mengingat pada tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games di Jakarta dan Palembang.
 
"Kita tuan rumah Asian Games, di Jakarta dan Palembang. Jangan sampai saat perhelatan itu ada asap dan karhutla sehingga mengganggu image dan gangguan penerbangan," ujarnya.
 
Sementara itu ditempat terpisah saat diminta tanggapan Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan amanat yang telah disampaikan oleh Presiden Jokowi tentu akan segera ditindaklanjuti pelaksanaannya di Kabupaten Pelalawan. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan OPD terkait untuk menjadikan Kabupaten Pelalawan bebas asap di tahun 2018 ini
 
Disamping itu juga Bupati Pelalawan dua periode ini meminta peranan aktif dari perusahaan untuk ikut  dalam penangganan Karlahut. Ia juga menginstruksikan para camat untuk berkordinasi dengan Polsek dan Kepala Desa bersama sama dengan masyarakat turun bila ditemukan titik api kebakaran lahan dan hutan didaerahnya, serta menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. (tha)
 
 
 
Editor   : Andy Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar