Peduli Lestarikan Adat dan Budaya

PT SAI Serahkan Bantuan Gondang Gong


Minggu,17 Desember 2017 - 06:01:23 WIB
PT SAI Serahkan Bantuan Gondang Gong Syukuran masyarakat Desa Lubuk Bendahara Timur usai acara pengukuhan gelar datuk kepada Abdul Gafur dan Wira

ROHUL (Riaubernas.com) - Dalam upaya menjunjung tinggi desa adat serta melestarikan budaya, masyarakat desa lubuk bendahara timur beserta Ninik mamak pada hari ini Sabtu (16/12/2017) melaksanakan Pengukuhan gelar datuk untuk Abdul Gafur J dan Wira di aula pertemuan Desa Lubuk Bendahara Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala Desa Lubuk Bendahara Timur, Datuk suku, Ninik Mamak, tokoh masyarakat, pemuda serta Management PT Sawit Asahan Indah (SAI) Yakni ADM PT SAI Ir Dwi Setiyo Budiawan, CDO PT SAI Syahrul SH serta staf PT SAI.

Gelar Datuk Bendaharo  diberikan kepada Abdul Gafur J dan gelar Datuk Paduka sindo  kepada Wira sebagai Datuk pimpinan dan wakil suku Melayu. "Saya turut bergembira dan menyampaikan apresiasi kepada beliau atas penganugerahan gelar tersebut", ujar Ir Dwi Setiyo Budiawan selaku ADM PT Sawit Asahan Indah (SAI)  yang turut hadir serta menyerahkan bantuan alat Gondang Gong kepada Ninik Mamak desa lubuk bendahara timur.

Lanjutnya, atas nama manajemen dan pimpinan PT SAI, Dwi mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat, khususnya para ninik mamak, karena ini merupakan suatu penghargaan yang tidak ternilai, Dwi juga mengatakan kebanggaannya bisa hadir dan diterima didesa Lubuk Bendahara Timur ini serta Masyarakat begitu antusias dan semangat menyelanggarakan acara pengukuhan gelar datuk tersebut.

"Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri, karena acara pengukuhan datuk ini juga merupakan bagian dari pelestarian adat dan budaya di satu sisi. Dan di sisi lain, acara pengukuhan datuk juga merupakan bagian dari identitas dan kebanggaan suku Melayu. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan pengukuhan gelar datuk yang tetap terpelihara hingga saat ini. Dan semoga kegiatan demikian akan tetap terus dilakukan oleh masyarakat", ujarnya.

Dukungan yang diberikan manajement PT SAI tidak hanya sampai di situ saja, PT SAI juga menyerahkan bantuan alat-alat Gondang gong guna melestarikan budaya. Syahrul SH selaku CDO PT SAI yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan kedepannya bukan hanya alat-alat saja yang kita bantu melainkan tenaga pengajar untuk terus membina generasi muda untuk mempertahankan nilai-nilai budaya.

"Hadirnya kami disini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap desa ring satu PT SAI dibidang budaya dan kami berharap dengan bantuan yang kami berikan tersebut dapat bermanfaat dalam melestarikan budaya", tukasnya.

Ditempat yang sama, Ardinata selaku Kepala Desa Lubuk Bendahara Timur juga berpesan kepada Ninik Mamak serta masyarkat Desa Lubuk Bendahara Timur yang hadir pada acara tersebut, Gelar datuk tidak semata-mata gelar, karena gelar datuk justru sebuah bentuk kepercayaan sebuah kaum kepada seseorang yang dihormati dan dianggap mampu memberikan teladan dan juga memecahkan masalah yang dihadapi kaum tersebut.

"Sehingga jika fungsi datuk ini bisa dilaksanakan secara maksimal oleh mereka yang mendapatkannya, maka akan berkuranglah tugas aparat yang menjaga ketertiban masyarakat, seperti polisi, dan juga fungsi lainnya", ujar kades Ardinata dalam sambutannya.

Dtambahkannya, Datuk juga bertugas melindungi kaumnya dari masuknya budaya negatif yang akan menjauhkan mereka dari identitas adat budaya dan agama. Datuk juga bertugas agar kaumnya hidup sejahtera dengan memotivasi dan juga mencari solusi.

Tugas seorang datuk memang sungguh banyak dan juga berat. Oleh karena itu, jika seluruh datuk yang ada mampu secara maksimal melaksanakan tugasnya, maka kondisi masyarakat akan semakin baik kualitasnya. Kriminalitas, pengangguran, tawuran, penyakit masyarakat, insya Allah akan semakin mudah ditekan jika setiap datuk mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan pemerintah pun akan semakin terbantu sehingga bisa mempercepat proses pembangunan daerah.

"Kami juga mengucapkan terimakasih juga kepada PT SAI yang peduli terhadap desa lubuk bendahara timur, baik itu dibidang pendidikan, infrastruktur, olahraga, agama serta budaya, mudaha-mudahan kedepannya hubungan antara desa dan perusahaan terus terjalin dengn baik", tutupnya.

Abdul Gafur J yang dikukuhkan sebagai Datuk Bendaharo juga menyampaikan terimakasih kepada tokoh adat, Ninik Mamak, kepala desa serta masyarakat yang sudah mensukeskan acara tersebut, "hadirnya kami disini tak lain juga sebagai orang penengah dan tentunya akan mempermudah serta mensinkronkan dengn program desa", ujarnya (Yatno)

 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com