Sempena HUT PGRI dan HGN ke - 25.

Kadis Arsif dan Perpustakaan Buka Seminar Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Digital


Jumat,24 November 2017 - 14:52:54 WIB
Kadis Arsif dan Perpustakaan Buka Seminar Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Digital Kadis Arsif dan Perpustakaan Pelalawan Md.Rizal saat melakukan MoU dengan UNRI tentang pembinaan perpustakaan di sekolah.

PELALAWAN,RIAUBERNAS.COM - Bersempena dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) yang ke - 25, PGRI Kabupaten Pelalawan, Jum'at (24/11/2017)  mengadakan seminar dengan tema "Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Digital" di gedung Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) Langgam.

Seminar yang diadakan PGRI Pelalawan di buka oleh Kadis Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Pelalawan Md.Rizal, Spd. Mpd, dengan menghadirkan dua orang nara sumber yaitu, Prof.DR.Mestika Zed dari Universitas Negeri Padang (UNP) dan Agus Sutikno, SP.MS.i Kepala perpustakaan Universitas Riau (UNRI).

Dalam sambutannya Md.Rizal mengatakan bahwa guru memiliki peran yang strategis untuk menumbuhkembangkan budaya membaca bagi anak - anak di sekolah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan literasi Pelalawan. Budaya membaca harus kita tumbuhkan pada anak - anak sejak usia dini.

Untuk saat ini literasi Kabupaten Pelalawan masih rendah, hal itu dikarenakan minat baca masyarakat masih kurang terutama anak - anak. Disinilah peran para guru sangat penting untuk meningkatkan minat baca para anak terutama di sekolah - sekolah. Dengan di adakannya seminar ini di harapkan dapat memicu semangat membaca sehingga literasi Pelalawan dapat meningkat.

"Guru memiliki peran yang sangat strategis untuk menumbuhkembangkan minat membaca bagi anak - anak di sekolah, terutama anak usia dini. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan literasi Pelalawan", terang Md.

Md.Rizal juga menjelaskan, saat ini dengan keterbatasan anggaran, Pemkab. Pelalawan melalui Dinas Arsif dan Perpustakaan terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Hal itu dimaksudkan untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat, dan masyarakat merasa betah kalau berada di dalam perpustakaan tersebut. Sehingga membaca bisa menjadi budaya bagi masyarakat Pelalawan.

Pada kesempatan tersebut juga di lakukan penanda tangganan MoU kerjasama antara UNRI dan Dinas Arsif dan Perpustakaan Kabupaten Pelalawan tentang pembinaan perpustakaan  di sekolah - sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan.(sam/RBC).


Editor  : Andy Indrayanto.

 


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com