Faizal: Dinsos dan Disdik Harus Segera ke Lokasi

Sungai Manau Meluap, 50 Rumah Terkena Dampaknya


Selasa,26 September 2017 - 05:25:10 WIB
Sungai Manau Meluap, 50 Rumah Terkena Dampaknya Dua anggota DPRD Pelalawan saat meninjau Desa Dundangan yang terkena banjir akibat meluapnya Sungai Manau.
PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Tingginya curah hujan yang beberapa kali mengguyur Kabupaten Pelalawan, mengakibatkan masyarakat Dundangan terkena banjir. Ditambah lagi luapan air Sungai Manau yang berada di daerah tersebut. Akibatnya, sejumlah rumah dan 1 SD terkena dampak dari banjir ini.
 
"Ya, kami tadi langsung meninjau ke lokasi tersebut. Kami lihat banyak buku-buku sekolah K13 yang terendam, kami minta Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial untuk segera turun tangan menangani persoalan ini," tandas Ketua Fraksi Gerindra Plus, Faizal SE, pada media ini via selulernya, Senin (28/9).
 
Faizal menjelaskan bahwa dampak dari banjir ini benar-benar memprihatinkan. Karena banyak rumah yang dilihatnya terkena dampak dari banjir ini. Tak hanya itu, satu sekolah SDN 008 Desa Dundangan turut terkena banjir. Air tidak hanya menggenangi pekarangan dan sebagian ruang kelas. Gedung perpustakaan juga turut terendam.
 
"Pemkab dalam hal ini instansi terkait harus secepatnya turun ke lokasi, seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial," tandasnya.
 
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Drs Hadi Penandio, mengatakan bahwa pihaknya sudah turun bersama Dinas Sosial, Upika Kecamatan dan Kades setempat guna koordinasi. Pihaknya sudah membuat posko dengan Dinsos dan mengaktifkan posko kesehatan untuk masyarakat terdampak banjir, koordinasi dengan Dinas Kesehatan.
 
Ditanya soal jumlah rumah yang terkena dampak langsung dari banjir ini sendiri, Hadi Penandio secara rinci menjelaskan bahwa akibat hujan lebat dan meluapnya Sungai Manau yang membentang di desa tersebut, ada 50 rumah dan 1 unit SD yang terkena dampaknya serta 52 KK. 
 
"Dari jumlah tersebut, ada 5 rumah yang digenangi air. Dari 5 unit rumah itu, 1 unit rumah terendam 1 meter dan 4 unit rumah terendam setinggi 20-30 cm," katanya. (ndy/sam)
 
 
 
 
Editor : Andy  Indrayanto
 

Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
jln. Pemda, kel. Pngkalankerinci kota, kec. Pangkalankerinci, kab. Pelalawan, riau
Email: [email protected] / [email protected]