Selaku Pendamping Pelaksanaan ADD dan DD 2017

TP4D Kejari Pelalawan Kunjungi Desa-Desa


Jumat,15 September 2017 - 17:24:38 WIB
TP4D Kejari Pelalawan Kunjungi Desa-Desa TP4D Kejari Pelalawan saat kunjungan di Desa Delik

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Guna menghindari terjadinya penyalahgunaan Anggaran Dana Desa dan Dana Desa yang ada di daerah ini, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Pelalawan melakukan kunjungan ke desa-desa untuk memberikan pengarahan terhadap pelaksanaan ADD dan DD itu sendiri.

Hal ini disampaikan oleh Kasie Intel Kejari Pelalawan, Arri Wokas SH MH, pada media ini, Jum'at (15/9). Menurutnya, kunjungan ini dilakukan sesuai dengan tupoksi TP4D sendiri yakni melakukan pendampingan terhadap ADD dan DD.

"Jadi kami melakukan pendampingan pelaksanaan ADD dan DD, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawabannya. Meski begitu, kami juga tidak akan menghalang-halangi jika desa berencana membuat sesuatu untuk kepentingan masyarakat. Yang penting sesuai dengan koridor hukum," tegasnya.

Ari menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 10 desa yang mengajukan pendamping. Dari jumlah tersebut, yang mengajukan surat resmi baru empat (4) desa yakni Kerumutan, Sialang Godang, Palas dan Delik. Dan di Bandar Seikijang juga ada beberapa desa yang sudah mengajukan kesediannya untuk dilakukan pendampingan.

Ditanya soal prosedur untuk pengajuan pendampingan sendiri, Arri menjelaskan bahwa desa mengajukan permohonan resmi ke TP4D. Baru kemudian pihaknya nanti akan turun ke desa tersebut untuk melakukan pendampingan.  

"Saat ini, desa yang sudah mengajukan kesediaan yakni Desa Kiyap Jaya, Simpang Beringin di Bandar Seikijang. Untuk Pangkalankerinci, ada empat (4) desa dan di Kecamatan Teluk Meranti, sudah ada dua (2) desa yang mengajukan kesediaannya," katanya.

TP4D ini merupakan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di Instansi pemerintahan yang perlu didukung dan dilaksanakan secara terencana dan sungguh-sungguh.

"Presiden juga mengintruksikan pada seluruh Kepala Daerah untuk menganggarkan dana operasional TP4D di APBD 2018," tegasnya.

Lanjutnya, dari hasil kunjungan awal, TP4D baru mengunjungi Desa Delik. Direncanakan pekan depan, TP4D akan mengunjungi 4-6 desa  
 
"Di Desa Delik, serapan anggaran ADD dan DD sudah mencapai 51 persen. Dan sampai saat ini, belum ada kendala yang kita temui," tukasnya. (ndy/sam)



Editor    : Andy  Indrayanto


Akses riaubernas.com Via Mobile m.riaubernas.com
KANTOR PUSAT:
Jl. Seulawah No. 03 RT.006/RW.004 Kel. Tangkerang Tengah Kec. Marpoyan Damai Kota Pekan Baru-Riau
Email: redaksi@riaubernas.com / riaubernas@gmail.com